Waspadai Gejala Heat Stroke di Cuaca Panas Ekstrem Palangka Raya

By kabarbor - June 10, 2024 |
Post View : 394
Views
IMG-20240628-WA0078

Palangka Raya – Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik Persandian (Diskominfo SP Palangka Raya) Saipullah mengingatkan masyarakat untuk mengenali gejala heat stroke atau sengat panas di cuaca panas ekstrem yang terjadi di Palangka Raya akhir-akhir ini.
“Gejala heat stroke yang perlu diwaspadai adalah sakit kepala, pusing, mual, muntah, kulit menjadi merah, panas, dan kering, serta suhu tubuh hingga mencapai 39,5 derajat Celsius,” katanya, Senin (10/06/2024).
Untuk mencegah heat stroke, Saipullah menyarankan lima langkah penting. Pertama, pastikan tubuh terhidrasi dengan baik dengan minum air putih secara teratur. Kedua, konsumsi makanan sehat dan bergizi.
Ketiga, buat lingkungan sejuk dengan menggunakan kipas angin atau AC. Keempat, hindari paparan sinar matahari secara langsung. Kelima, pastikan mendapatkan istirahat yang cukup.
“Masyarakat harus waspada dan segera mengenali gejala heat stroke. Jika terjadi, segera lakukan pertolongan pertama dengan memindahkan korban ke tempat yang sejuk, memberikan air minum, dan mendinginkan tubuh,” ujarnya.
Saipul menambahkan, cuaca panas ekstrem yang terjadi di Palangka Raya akhir-akhir ini memang perlu diwaspadai. Masyarakat diminta untuk selalu menjaga kesehatan dan keselamatan diri serta keluarga.
“Kita semua harus saling menjaga dan peduli satu sama lain. Dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan, diharapkan kita dapat terhindar dari bahaya heat stroke,” pungkas Saipul.(ap)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait