UPT Puskesmas Lemo Gelar Pelatihan bagi Kader Posyandu Balita dan Posyandu Lansia

By kabarbor - June 12, 2023 |
Post View : 340
Views
IMG-20230614-WA0001

Muara Teweh – UPT Puskesmas Lemo, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara menggelar pelatihan dan peningkatan pengetahuan bagi kader Posyandu Balita dan Posyandu Lansia di aula Kantor Desa Lemo I, Senin (12/6/2023).

Dalalm kegiatan tersebut dihadiri Camat Teweh Tengah diwakili oleh Kasi Tata Pemerintahan Abd Rahman sekaligus membuka kegiatan pelatihan tersebut. Selain itu juga dihadiri staf Kecamatan Teweh Tengah, Tenaga Ahli P3MD Barito Utara, Kepala Desa Lemo I Nuripansyah beserta jajaran, Ketua BPD Desa Lemo I dan anggota, Kepala UPT Puskesmas Lemo dan jajaran, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa serta seluruh peserta pelatihan dari Kader Posyandu Balita dan Posyandu Lansia.

Camat Teweh Tengah Jati Prayogo dalam sambutannya yang disampaikan Abd Rahman mengatakan bahwa posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh untuk dan bersama masyarakat, sehingga posyandu menjadi garda terdepan untuk memastikan setiap warga bias tetap sehat dan memiliki kehidupan yang berkualitas.

“Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dan menambah pengetahuan para Kader Posyandu baik Balita maupun Lansia untuk dapat memberikan pelayanan yang optimal pada seluruh kelompok usia tersebut,” kata dia.

Selain itu dapat meningkatkan peran, tugas dan fungsinya tidak hanya saat hari buka pasyandu yang dilaksanakan setiap bulan, tetapi juga ketika diluar buka pasyandu melalui kunjungan rumah dan pemberdayaan masyarakat seperti melakukan pemeriksaan tekanan darah, gula darah dan pemeriksaan kesehatan lansia seperti tingkat kemandirian dan perilaku beresiko.

Camat Teweh Tengah pada kesempatan itu juga berharap agar Peraturan Bupati Barito Utara Nomor 2 Tahun 2022 tentang Peta Penetapan Batas Desa Lemo I dan Desa Lamo II agar dapat dijalankan, dihargai, dihormati dan dilaksanakan sebagai legalitas menjalankan tugas Pemerintahan, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Camat Teweh Tengah melalui Kasi Pemerintahan juga menyampaikan pesan dan ucapan terima kasih Bupati Barito Utara kepada seluruh Kepala Desa dan BPD yang yang telah membantu dan mensukseskan pembangunan di Barito Utara selama kepemimpinan Bupati Barito Utara dan wakil Bupati Barito Utara.

“Bupati Barito Utara juga menyampaikan permintaan maaf apabila semasa kepemimpinannya terdapat kekurangan dan juga mengingatkan agar selalu melanjutkan pembangunan sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan ini,” kata Abd Rahman membacakan sambutan tertulis Camat Teweh Tengah.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait