Tingkatkan Ketahanan Pangan dengan Manfaatkan Lahan Kosong

By kabarbor - June 9, 2024 |
Post View : 394
Views
IMG-20240628-WA0151

Palangka Raya – Pj Wali Kota Hera Nugrahayu mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong atau pekarangan dengan menanam tanaman pangan, meskipun dalam skala kecil.
“Langkah ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam memastikan ketersediaan pangan bagi setiap keluarga,” katanya, Minggu (09/06/2024).
Hera Nugrahayu menegaskan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam menciptakan ketahanan pangan di tingkat rumah tangga.
“Kami mengajak seluruh masyarakat Kota Palangka Raya untuk memanfaatkan lahan kosong atau pekarangan di rumah mereka dengan menanam tanaman pangan. Meskipun dalam skala kecil, hal ini dapat menjadi langkah yang signifikan dalam menciptakan ketahanan pangan bagi keluarga kita,” ujarnya.
Langkah ini sejalan dengan visi Pemerintah Kota Palangka Raya untuk mengembangkan sektor pertanian perkotaan dan meningkatkan produksi pangan lokal.
Hera Nugrahayu juga menyoroti manfaat lain dari kegiatan bertanam di pekarangan, seperti memperindah lingkungan, mengurangi jejak karbon, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“Dengan pemanfaatan lahan kosong untuk pertanian, kita tidak hanya dapat meningkatkan ketahanan pangan keluarga kita, tetapi juga menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan sehat,” tambah Hera.
Pemerintah Kota Palangka Raya akan memberikan dukungan kepada masyarakat yang tergerak untuk memulai kegiatan bertanam di pekarangan mereka.
“Melalui kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan dapat terwujud ketersediaan pangan yang cukup dan berkualitas bagi seluruh warga Kota Palangka Raya,” tutupnya.(ap)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait