SPIP Sistem untuk Memastikan Organisasi Berjalan Baik

By kabarbor - June 5, 2024 |
Post View : 393
Views
IMG-20240628-WA0196

Palangka Raya – Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Inspektorat setempat menggelar asistensi persiapan penilaian mandiri maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) oleh tim dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
Inspektur Kota Palangka Raya, Hambali mengatakan, SPIP merupakan sistem yang memastikan organisasi berjalan baik melakukan pengendalian atas segala kemungkinan yang dapat menghambat pencapaian sasaran organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.
“Penerapan SPIP terintegrasi bukan hanya tanggung jawab Inspektorat namun merupakan kewajiban seluruh perangkat daerah. Intinya, semua pihak harus terlibat mulai dari manajemen perangkat daerah yang melaksanakan penilaian mandiri,” ucapnya.
Dijelaskannya, dalam mengimplementasikan SPIP diperlukan pemahaman dan kemampuan dalam pelaksanaannya. Tidak hanya dalam menjalankan SPIP itu sendiri namun juga dalam menilai secara mandiri kematangan SPIP pada perangkat daerah masing-masing.
Dengan adanya kegiatan Asistensi ini, masing-masing perangkat daerah (PD) lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya diharapkan dapat melaksanakan penilaian mandiri Maturitas SPIP terintegrasi menggunakan aplikasi E-Integrity yang akan dibimbing langsung oleh Tim BPKP Pusat.
“Melalui kegiatan ini diharapkan Kepala PD agar berkomitmen untuk mengimplementasikan SPIP terintegrasi dengan baik dan benar di unit kerjanya masing-masing agar output yang dihasilkan dapat mewujudkan,” jelasnya.(ap)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait