Semangat Kebangsaan Harus Dihayati dan Diamalkan

By kabarbor - June 10, 2024 |
Post View : 406
Views
IMG-20240628-WA0095

Palangka Raya – Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu mengatakan, semangat kebangsaan dan patriotisme menjadi penting untuk dihayati. Hanya saja seiring perjalanan waktu, semangat itu mulai terkikis, dikarenakan tidak diresapi dan diamalkan.
Menurut Hera, kurang diresapi dan dihayatinya semangat kebangsaan dan patriotisme itu dapat dilihat dalam kehidupan atau kegiatan sehari hari.
“Contohnya saat upacara bendera, ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya atau penghormatan pada bendera Sang Merah Putih, banyak yang terlihat tidak dalam sikap sempurna. Bahkan ada saja yang berbicara atau mengobrol satu dengan lainnya,” katanya, Senin (10/06/2024).
Hera menjelaskan, semangat kebangsaan dan patriotisme itu tidak cukup hanya diungkapkan atau diikrarkan apabila tanpa dibarengi dengan penghayatan dan tanggungjawab dalam mengimplementasikannya.
“Jadi tidak ada makna, bila tanpa diresapi atau tanpa dijalani dengan tanggung jawab sebagai warga negara penerus perjuangan bangsa,” tegasnya.
Hera mengungkapkan, terkait dengan adanya kegiatan ikrar kebangsaan yang dibalut dengan sosialisasi kebangsaan dan dialog, hendaknya menjadi bahan renungan tentang betapa pentingnya makna perjalanan dan perjuangan bangsa, yang memiliki nilai luar biasa bagi generasi penerus.
“Tanamkan semangat kebangsaan dan kembalikan roh jiwa kita untuk meresapi arti dan nilai penting semangat kebangsaan dan patriotisme,” tuturnya.(ap)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait