Sekda Barito Utara Lepas Kontingen Sumpah Pemuda ke 94 dan IBAB Tingkat Kalteng

By kabarbor - October 25, 2022 |
Post View : 346
Views
84407D77-E1D1-4930-B950-F0DCCBB6815E

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab barut) melepas keberangkatan Kontingen Kabupaten Barito Utara dalam rangka mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 94 dan Ikrar Bersama Anak Bangsa (IBAB) tahun 2022 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di kota Palangka Raya, dihalaman kantor bupati, Selasa (25/10/2022).

Bupati Barito Utara dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Drs Muhlis mengatakan bahwa momen peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 94 dan Ikrar Bersama Anak Bangsa (IBAB) tahun 2022 merupakan momentum untuk menambah semangat kebhinekaan sesuai dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

“Ikrar Sumpah Pemuda yang dikumandangkan oleh pemuda-pemuda kita selaku anak bangsa merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun, tepatnya setiap tanggal 28 Oktober, hal ini merupakan perwujudan rasa syukur dan kecintaan para pemuda kita terhadap tanah air, bangsa dan NKRI,” kata Sekda Muhlis membacakan sambutan bupati.

Pada kesempatan tersebut bupati melalui Sekda mengingatkan kembali kepada pemuda-pemuda kita, bahwasa pemuda mencerminkan keadaan bangsanya kedepan, oleh karena itu setiap pemuda harus mempersiapkan diri menjadi generasi yang mampu untuk melanjutkan pembangunan dan berbuat baik demi kemajuan bangsa ini.

“Hindarilah perbuatan yang tidak terpuji seperti kenakalan remaja yang dapat mendekatkan diri pada pengenalan minuman keras dan obat-obatan terlarang seperti narkoba dan sejenisnya,” katanya.

Dikatakannya, sebagai seorang pemuda indonesia, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan mencintai bangsa ini dengan sepenuh hati, kita harus menjadikan sumpah pemuda sebagai benteng pertahanan untuk tetap menjaga keutuhan bangsa dan negara ini.

Lebih lanjut Sekda, melalui tangan seorang pemudalah harkat dan martabat bangsa sangat ditentukan, oleh karena itu semua pemuda harus mampu menopang dan memperbaiki moral agar tetap bersatu dalam bingkai persatuan dan kesatuan bangsa, serta menjadi pemuda yang bisa dibanggakan dalam berbagai aspek pembangunan.

“Semangat dan jiwa sumpah pemuda harus menjadi inspirasi untuk membangun kesadaran kolektif bangsa guna meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda dengan tetap menjaga eksistensi pemuda dalam percaturan global,” kata Sekda lagi.

Menurutnya, pemuda dalam kehidupan global akan tetap menjadi eksis apabila menunjukkan sebuah kapasitas kemandirian dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dan kreatif dalam berbagai kegiatannya.

“Bagi para pemuda indonesia, sumpah pemuda merupakan manifestasi dari kepeloporan dan kepeduliannya untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa indonesia menjadi bangsa yang mandiri dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia,” imbuhnya.

Lanjut Sekda, bagi kita semua, dengan segala kemajemukan yang kita miliki, sumpah pemuda merupakan momentum sejarah yang berhasil menyatukan tekad dan semangat seluruh komponen bangsa untuk melakukan perlawanan terhadap kolonialisme dan imperialisme, yang pada akhirnya berhasil mewujudkan suatu negara indonesia yang berdaulat.

Sumpah pemuda telah membulatkan tekad dan semangat seluruh anak bangsa untuk berjuang dan tetap menjaga NKRI dari berbagai upaya rongrongan terhadap dis-integrasi bangsa.

Semoga kontingen Kabupaten Barito Utara yang berangkat nantinya tiba dengan selamat dan dapat menjalankan kegiatan dengan baik dan lancar. Laksanakan kegiatan dengan semangat bhineka tunggal ika dan misi toleransi, serta jaga perilaku agar nama baik barito utara tetap terjaga,” kata Sekda Muhlis mengakhiri sambutan Bupati.(ard)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait