Pokjanal Bertugas Meningkatkan Kualitas Posyandu Kelurahan

By kabarbor - June 3, 2024 |
Post View : 385
Views
IMG-20240628-WA0005

Palangka Raya – Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, mengatakan Pokjanal Posyandu memiliki tugas dan fungsi untuk meningkatkan kualitas posyandu di tingkat kelurahan dengan menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan keberadaan Posyandu, serta meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan terhadap ibu hamil, bayi dan balita.
Dikatakan Hera, dengan aktif dan kuatnya peran posyandu dapat memberikan dampak yang positif bagi kesehatan masyarakat seperti ibu hamil sehat, tidak ada angka kematian ibu dan anak saat persalinan, baduta/balita bebas stunting, sehat, dan cerdas.
“Sehingga kalau ini terwujud akan berdampak pula pada produktivitas masyarakat, berurangnya angka kemiskinan ekstrem dan tentunya kualitas masyarakat dari segi kesehatan, pendidikan, dan ekonomi meningkat,” ucapnya.
Hera Nugrahayu menambahkan, peran Posyandu sangat penting pada nilai dan tingkat kesejahteraan masyarakat Kota Palangka Raya.
Segala lini dan sektor memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas posyandu melalui Pokjanal dan Pokja Posyandu sebagai wadah kerjanya.
“Warga yang tergabung dalam Pokja/pokjanal tersebut memiliki tugas dan peran agar posyandu-posyandu tersebut memiliki peningkatan strata, terpenuhi sarana dan prasarananya,” tambahnya.
Kemudian meningkatkan SDM kader-kadernya dan yang lebih penting bagaimana meningkatkan partisipasi masyarakat, ibu hamil dan balita rutin ke posyandu.
“Sehingga seluruh balita dipantau tumbuh kembangnya agar indikasi-indikasi masalah pada tumbuh kembangnya bisa segera diintervensi,” umgkapnya.
Selain itu lanjut Hera, ibu hamil juga dapat selalu terpantau kesehatan kehamilannya untuk menurunkan resiko kematian ibu dan anak juga menghilangka resiko bayi lahir stunting.
Melalui kegiatan ini, Hera berharap akan tercapai peningkatan koordinasi, pembinaan, fasilitasi, advokasi dan dukungan untuk meningkatkan fungsi kinerja posyandu.
“Dengan terbentuknya komitmen, kesamaan pemahaman dan kerja sama, maka akan terjadi sinkronisasi dan kerja sama lintas sektor dari tingkat Kota, Kecamatan, hingga Kelurahan.(ap)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait