Peringati HKS ke 58 dan HSP ke 94, Dinkes Barut Laksanakan Gerakan Nasional Aksi Bergizi

By kabarbor - November 1, 2022 |
Post View : 238
Views
IMG-20221102-WA0007

Muara Teweh – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 dan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 94 tahun 2022, Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara (Dinkes Bvarut) melaksanakan kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi di sekolah Madrasahm SMP dan SMA/Sederajat yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. pada Rabu, 26 Oktober 2022.

Untùuk Kabupaten Barito Utara, Dinas Kesehatan setempat melaksanakan kegiatan tersebut yang dipusatkan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Barito Utara diikuti 17 sekolah SMP dan SMA/Sederajat se Kabupaten Barito Utara.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari berbagai organisasi profesi kesehatan yaitu Persagi, Patelki dan IAI Cabang Kabupaten Barito Utara dan dihadiri secara langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Barito Utara, Hj Sri Hidayati, Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Kepala Kantor Kemenag Barito Utara, Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, Camat Teweh Tengah, dan dari Dinas KBPPP3A Barito Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara Siswandoyo, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu tanggal 26 Okrtober lalu merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 tahun 2022.

“Kegiatan yang dilaksanakan di MAN Barito Utara tersebut dimulai dengan aktivitas fisik berupa senam bersama, sarapan bersama dengan menu gizi seimbang sesuai dengan isi piringku, minum tablet tambah darah bagi siswi putri, pemutaran video edukasi, pelayanan cek HB bagi siswi putri, konsultasi gizi serta konsultasi obat secara gratis oleh gabungan organisasi profesi Patelki, Persagi dan IAI Kabupaten Barito Utara,” kata Siswandoyo, Selasa (1/11/2022).

Dikatakan Siswandoyo, tujuan diadakannya kegiatan itu, untuk meningkatkan literasi warga sekolah tentang pentingnya tablet tambah darah, olahraga atau aktivitas fisik dan konsumsi gizi seimbang.

Kemudian meningkatkan komitmen sekolah untuk melaksanakan kegiatan aksi bergizi secara rutin (setiap minggu) dan meningkatkan kolaborasi lintas sektor pusat dan daerah terkait dalam rangka penyelenggaraan aksi bergizi di sekolah.(ard)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait