Pemko Palangka Raya Akan Optimalkan Potensi Danau Oxbow

By kabarbor - June 10, 2024 |
Post View : 396
Views
IMG-20240628-WA0205

Palangka Raya – Kota Palangka Raya memiliki potensi sumber daya air yang luar biasa, salah satunya adalah keberadaan 100 danau oxbow. Danau-danau ini terbentuk melalui proses erosi dan pengendapan yang terjadi di sungai-sungai yang mengalir melalui lanskap lunak.
Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, menyatakan bahwa pemerintah kota (pemko) bertekad untuk mengelola potensi danau oxbow ini dengan baik agar dapat memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat.
“Palangka Raya dikelilingi oleh dua sungai besar, Sungai Kahayan dan Sungai Rungan, yang membentuk liku-liku sungai. Dari proses alam ini, tercipta 100 danau oxbow yang menjadi aset berharga bagi kota kami,” katanya, Senin (10/06/2024).
Danau oxbow terbentuk ketika sungai yang mengalir melalui lanskap lunak mengalami proses erosi dan pengendapan. Sungai yang semula berkelok-kelok akan meninggalkan bekas lekukan yang terpisah dari aliran utama, membentuk danau-danau kecil.
“Keberadaan danau-danau oxbow ini memiliki potensi yang luar biasa, baik dari segi ekologi, pariwisata, maupun ekonomi. Kami akan mengelolanya secara komprehensif agar dapat memberikan manfaat optimal bagi masyarakat,” pungkasnya.(ap)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait