Pemkab Barut Peringati HAN tahun 2022

By kabarbor - July 23, 2022 |
Post View : 270
Views
IMG-20220723-WA0015

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022. Peringatan HAN ini dilaksanakan di Arena Tiara Batara Muara Teweh, Sabtu (23/7/2022) dengan melaksanakan upacara. Bunda PAUD yang juga Ketua TP PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati bertindak selaku inspektur upacara.

 

Kegiatan ini juga diikuti sebanyak 1.200 orang peserta dari PAUD dan TK dan murid Sekolah Dasar (SD) dan 800 orang peserta pawai yang diikuti sebanyak 36 kelompok pawai dari PAUD dan TK di daerah setempat.

 

Dalam sambutannya, Bunda PAUD, Hj Sri Hidayati mengatakan tema hari Anak Nasional tahun 2022 ini adalah “Anak Terlindungi Indonesia Maju”. Tema ini diambil sebagai motivasi bahwa pandemi tidak menyurutkan komitmen untuk tetap melaksanakan Hari Anak Nasional dan mendorong langsung berbagai pihak untuk memberikan kepedulian langsung ditengah-tengah Indonesia tetap tangguh menghadapi berbagai tantangan dalam pemebuhan hak anak dan perlindungan khususnya anak pada pasca pandemi Covid-19.

 

“Dan berbagai kegiatan akan dilakukan sebagai rangkaian Hari Anak Nasional. Maksud dan tujuan dari Hari Anak Nasional adalah bagaimana pemenuhan hak anak yang menjadi pengingat bagi kita semua. Dan tujuan khususnya adalah tercapainya Indonesia Layak Anak tahun 2030,” kata Hj Sri Hidayati.

 

Dikatakannya, Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD merupakan faktor penting bagi sebuah negara agar dapat bersaing di era globalisasi. Pandangan global ini tercermin dari pengakuan berbagai pemerintah di dunia akan pentingnya fungsi dan peran PAUD, baik bagi anak usia dini maupun bangsa.

 

“Bunda PAUD merupakan penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini (0-6 tahun) diwilayahnya guna mendukung terwujudnya layanan PAUD berkualitas,” kata Bunda PAUD.

 

Dikatakannya, keberadaan dan peran Bunda PAUD disemua tingkatan sangat penting untuk menggerakan segenap komponen dan sumberdaya yang ada di wilayahnya, peran bunda PAUD diseluruh Indonesia harus lebih ditingkatkan lagi.

 

“Untuk itu saya berharap agar dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan diwilayahnya masing-masing yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan PAUD,” kata dia.

 

Lebih lanjut Bunda PAUD, dalam mendorong layanan PAUD yang berkualitas diharapkan kita semua dapat bergandengan tangan dengan semua elemen masyarakat, agar penyediaan layanan PAUD menjadi optimal.

 

“Besar harapan saya seluruh anggota masyarakat agar kiranya berperan aktif dalam pendidikan anak-anak kita, terutama orang tua dan keluarga dekat, apalagi pada saat pandemi orang tua semakin berperan penting dalam proses pembelajaran anak, karena belum mandiri sehingga perlu memotivasi kemampuan dasar anak secara terus menerus,” imbuhnya.

 

Sementara Panitia Pelaksana HAN tahun 2022, Eka mengatakan dalam kegiatan ini diikuti peserta pawai sebanyak 800 orang dari 36 TK dan PAUD serta 17 SD. Sedangkan untuk jumlah peserta upacara sebanyak 1.200 orang terdiri dari dari anak TK PAUD dan anak SD kelas I se Barito Utara.

 

“Tujuan dari kegiatan ini dalam rangka mewujudkan dan menjamin kualitas dan keberlangsungan hidup serta perkembangan anak, baik secara fisik, mental, emosional dan sosial serta menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak, atas hak hidup, tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” kata dia.(Ar)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait