Pemkab Barut Gelar Pasar Penyeimbang LPG Tabung 3Kg

By kabarbor - November 2, 2022 |
Post View : 191
Views
IMG-20221102-WA0026

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) setempat bekerjasama dengan PT Pertamina melaksanakan operasi pasar penyeimbang LPG tabung 3Kg, di wilayah Kelurahan Melayu dan Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah, Rabu (2/11/2022).

Untuk Kelurahan Lanjas dilaksanakan di Komplek Pasar Dermaga RT 09 Muara Teweh, pada petang sekitar pukul 15.00 WIB sampai pukul 17.30 WIB. Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra menyerahkan secara simbolis tabung LPG 3 Kg kepada warga masyarakat.

Penyerahan secara simbolis tabung LPG 3 Kg dihadiri Sekdis Perdagangan dan Perindustrian Hery Jhon Setiawan, Camat Teweh Tengah Jati Prayogo, Lurah Lanjas Nurhidayat Safitri dan pejabat dinas terkait.

Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra mengatakan, pasar penyeimbang yang digelar ini merupakan kerjasama antara pihak Pertamina dengan pemerintah daerah, dalam upaya mengendalikan inflasi di daerh ini.

“Kalau dipasaran harga tabung LPG 3 kg ini mencapai Rp32.000 hingga Rp34.000,- pertabung. Dengan adanya pasar penyeimbang ini harga tabung LPG 3 Kg hanya Rp24.000,- pertabung,” kata Wabup Sugianto Panala Putra.

Wabup Sugianto Panala Putra mengharapkan dengan adanya pasar penyeimbang ini warga yang sangat membutuhkan merasa terbantu, dan bisa menekan inflasi. Di daerah kita stabil, namun di daerah lain seperti Palangka Raya dan Sampit inflasi meningkat,” kata Sugianto Panala Putra.

Wabup juga berharap kedepannya pihak Pertamina, bisa kembali menggelar pasar penyeimbang ini di beberapa di kecamatan di wilayah Kabupaten Barito Utara.

Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Barito Utara Hery Jhon Setiwan mengatakan pasar penyeimbang ini bekerjasama anata pertamina dalam hal ini agen LPG 3 KG bersubsidi PT Borneo Berdikari Mulia (H Boy Alpianoor) dengan Pemkab Barito Utara.

“Pasar penyeimbang tabung LPG 3 Kg ini dilaksanakan dalam rangka pengendalian implasi, terkhusus pada barang pokok penting salah satunya yaitu tabung LPG 3 kg. PT Borneo Berdikari Mulia (H Boy Alpianoor) ini berkoordinasi dengan pertamina dan Pemkab dalam lah ini Dinas Perdagangan dan Perindustrian, dan tetap dilaksanakan oleh timnya,” kata Hery Jhon Setiawan, Rabu petang di lokasi operasi pasar penyeimbang LPG tabung 3 Kg pasar Dermaga Muara Teweh.

Sehingga kata dia operasi ini bisa meringankan masyarakat dari kalangan menengah ke bawah. Gas LPG ini di jual sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 24.000/tabung berdasarkan keputusan Bupati Barito Utara Nomor 188.45/396/2021.

“Kupon yang dibagikan kepada warga tersebut hanya sebagai pengendali, dan yang lebih penting adalah masyarakat yang berada dikalangan menengah kebawah yang mendapatkan LPG tabung 3 Kg ini dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK) untuk satu tabung.

Sekdis Dagrin Barito Utara juga mengatakan, kedepannya kegiatan pasar penyeimbang gas LPG 3 Kg ini akan tetap dilaksanakan di beberapa titik-titik dan tidak hanya di laksanakan dalam kota Muara Teweh tapi akan dilaksanakan di beberapa kelurahan dan desa di Barito Utara.

Sementara Lurah Lanjas, Nurhidayat Safitri mengatakan pasar penyeimbang LPG tabung 3 Kg ini untuk Kelurahan Lanjas disediakan sebanyak 560 tabung LPG 3 Kg dan untk Kelurahan Melayu 560 tabung LPG 3 Kg.

“Pelaksanaannya dimulai pada pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 17.30 WIB dengan harga pertabung Rp24.000. Untuk Kelurahan Lanjas sudah dibagikan kupon kepada Ketua RT di Kelurahan Lanjas,” kata Lurah Lanjas Nurhidayat.(ard)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait