Pemkab Barito Utara Lepas 50 Peserta Pemagangan Dalam Negeri

By kabarbor - October 14, 2022 |
Post View : 264
Views
6A1218E3-0CB8-4AAD-81A4-7F285CE5C6AF

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Disnakertrankop UKM) setempat melepas sebanyak 50 peserta pemagangan dalam negeri ke beberapa perusahaan di daerah setempat, Jumat (14/10/2022) di aula BappedaLitbang Muara Teweh.

Pelepasan peserta pemagangan tersebut dilepas oleh Stap Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan drg Agus Setijowati mewakili Bupati Barito Utara H Nadalsyah.

Hadiri dalam kegiatan itu Kepala Disnakertrankop dan UKM M Mastur, unsur FKPD, Kepala Perangkat Daerah, Camat se Barito Utara, para pimpinan perusahaan serta undangan lainnya.

“Pemagangan merupakan bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan produktivitas pada bidang tenaga kerja pada Disnakertranskop dan UKM yang bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Barito Utara dengan bekerja secara lansung dibawah bimbingan dan pengawasan instruktur yang berpengalaman,” kata Bupati H Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya dibacakan Stap Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan, Agus Setijowati.

Dikatakannya, dimasa pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir, banyak perekonomian masyarakat melemah diakibatkan PHK dan banyak usaha masyarakat yang gulung tikar.

“Oleh karena itu diperlukan perhatian dan kerja sama yang serius dari pemerintah dan perusahaan daerah maupun swasta untuk menyelenggarakan pelatihan kerja yang dapat membekali, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja guna meningkatkan kemampuan, produktivitas dan kesejahteraan tenaga kerja,” kata Ibu Tinuk panggilan akrabnya.

Selain itu juga kata mantan Direktur RSUD Muara Teweh ini, banyak keuntungan yang diperoleh ketika mengikuti pemagangan. Diantaranya dapat membangun jiwa yang disiplin, serta meningkatkan keterampilan khusus sesuai dengan yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia indutri.

“Dalam pemagangan, peserta mendapatkan pengalaman yang sifatnya lansung berupa kompetensi, seprti yang dilaksanakan saat ini. Sesuai dengan yang dibutuhkan pihak perusahaan yaitu administrasi perkantoran dan mekanik,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan Stap Ahli Bupati ini, melalui pemagangan dalam negeri ini, dapat membangun etika kerja, serta perilaku sopan santun dengan pegawai di tempat kerja, ditambah kemampuan komonikasi anda selaku peserta pemagangan akan meningkat.

“Karena secara otomatis semua bergaul dengan orang-orang berjiwa professional sehingga komunikasi andapun berkembang secara professional pula,” ungkapnya.

Dirinya berpesan kepada para peserta magang, selama mengikuti pemagangan selama 3 (tiga) bulan di perusahaan, perhatikan ketentuan yang diterapkan diperusahaan ditempat anda ditempatkan.

“Masalah kedisiplinan dan kualitas kerja biasanya sebuah perusahaan yang professional konsisten dalam menegakan aturan dan disiplin kerja, karena perusahaan mengedepankan sebuah output yang berkualitas dan baik,” ucapnya.

Ditambahkannya, atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada perusahaan yang bersedia bekerjasama dengan kami sebagai tempat penyelenggaraan pemagangan Tahun 2022.(ard)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait