Pemkab Mura Kerjasama IPB Susun Master Plan Pembangunan Balai Benih Hortikultura

By kabarbor - November 2, 2023 |
Post View : 393
Views
IMG-20231116-WA0106

Puruk Cahu – Pemerintah Kabupaten Murung Raya melaksanakan kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam penyusunan Master Plan Pembangunan Balai Benih Hortikultura di Desa Olung Siron Kabupaten Murung Raya, Kamis (2/11/2023).

Pj Bupati Murung Raya Hermon melalui Asisten III Setda, Batara mengatakan, Pemerintah Kabupaten Murung Raya berterima kasih dan sangat mengapresiasi atas dukungan serta kerja sama dari Institut Pertanian Bogor dalam penyusunan Master Plan Pembangunan Balai Benih Hortikultura di Desa Olung Siron Kabupaten Murung Raya.

“Kerja sama ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanik) untuk mengembangkan sebuah kawasan hortikultura yang diharapkan nantinya mampu meningkatkan perekonomian daerah dan menjadi role model bagi pengembangan suatu kawasan di waktu yang akan datang baik oleh masyarakat maupun Pemerintah Daerah lain,” kata Batara.

Selain itu, kata dia, kerja sama ini juga bertujuan untuk menangani dampak perubahan iklim pada sektor pertanian, sehingga diperlukan upaya pengembangan kawasan guna meningkatkan Ketahanan Pangan.

Posisi Provinsi Kalimantan Tengah sebagai salah satu Provinsi Penyangga IKN membuat Kabupaten Murung Raya menjadi daerah yang potensial untuk dikembangkan. “Posisi yang strategis ini membuka peluang bagi Kabupaten Murung Raya untuk bisa memacu pembangunan ekonomi, bisnis dan investasi dengan segala potensi sumber dayanya,” imbuhnya.

Lanjutnya, sejak wacana pemindahan Ibu kota Negara bergaung hingga Undang-undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara disahkan, Kabupaten Murung Raya telah menyiapkan beberapa langkah-langkah strategis salah satunya adalah pengembangan kawasan hortikultura di Desa Olung Siron ini.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Mura, Reyzal Samat mengucapkan terima kasih kepada Dekan Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB), Suryo Wiyono dan rombongan yang telah bersedia membantu dalam penyusunan Master Plan Pembangunan Balai Benih Hortikultura di Desa Olung Siron. “Kami harapkan kerja sama ini dapat dilaksanakan dengan baik dan berkesinambungan,” ujarnya.

Dikatakan Reyzal, bahwa sebenarnya di Kabupaten Murung Raya ini sektor andalan adalah pertanian, karena luasan daerah yang dimiliki adalah 2.000.207 Hektare, tetapi dengan luasan itu masih banyak yang belum digarap.

Diketahui Potensi Desa Olung Siron yang rencananya akan dikembangkan sebagai kawasan hortikultura. Selain untuk memaksimalkan produksi hortikultura lokal juga nantinya sebagai objek destinasi agrowisata bagi masyarakat baik dari dalam maupun luar daerah. (Mur)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait