Kontingen Barito Utara Juara Umum II pada FBIM tahun 2023

By kabarbor - May 29, 2023 |
Post View : 356
Views
IMG-20230529-WA0010

Muara Teweh – Kontingen Kabupaten Barito Utara berhasil meraih juara umum II (dua) pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang merupakan rangkaian Hari Jadi ke-66 Kalimantan Tengah tahun 2023.

Dari total keseluruhan lomba yang dipertandingkan selama Festival Budaya Isen Mulang tahun 2023, ada 3 daerah atau Kabupaten yang ditetapkan sebagai juara umum, juara 2 dan juara 3 yakni, Kota Palangka Raya 7 lomba juara 1, 4 lomba juara 2, dan 4 lomba juara 3, Kabupaten Barito Utara (Barut) 5 lomba juara 1, 2 lomba juara 2, dan 5 lomba juara 3 dan Kabupaten Barito Selatan (Barsel), 4 lomba juara 1, 4 lomba juara 2, dan 3 lomba juara 3.

FBIM tahun 2023 ini secara resmi ditutup Gunernur Kalimantan Tengah melalui Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo dalam gelaran meriah bertajuk Beauty of Diversity (Indahnya Keberagaman), Sabtu (27/5/2023) malam.

Kabupaten Barito Utara meraih juara umum kedua setelah mengungguli kabupaten lainnya se Kalteng yakni meraih prestasi terbaik 1 putra dan putri pada lomba lagu daerah. Kemudian meraih terbaik I balogo putra, terbaik I manyipet putri, terbaik I besei kambe putri, terbaik II tari pesisir, penata artistik terbaik tari pesisir, terbaik III perahu hias.

Kemudian terbaik III Sukup Simpan, terbaik III bagasing putra, terbaik III bagasing putri, wakil III putra Pariwisata Kalteng, wakil III Putri Pariwisata Kalteng dan terbaik II Karungut putri.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Utara Hj Annisa Cahyawati, Senin (29/5/2023) di Muara Teweh mengatakan Kontingen Barito Utara mampu memberikan prestasi sebagai juara umum terbaik ke dua diajang FBIM tahun 2023.

“Ini semua terjadi selain kerja keras dan totalitas peserta kontingen serta adanya dukungan dan doa dari unsur pimpinan daerah dan seluruh masyarakat di Kabupaten Barito Utara sehingga Barito Utara mampu mempertahankan prestasi,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Utara ini.

Kadis Budparpora Annisa Cahyawati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta kontingen Barito Utara, dan terkhusus ucapan terima kasih kepada Bupati Barito Utara H Nadalsyah dan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra.

“Karena dukungan beliaulah kontingen Kabupaten Barito Utara dapat meraih sejumlah prestasi yang didapat dengan penuh semangat,” kata dia, Senin (29/5/2023).

Sementara Bupati Barito Utara H Nadalsyah merasa bangga dan mengapresiasi atas raihan prestasi gemilang dari kontingen Kabupaten Barito Utara dalam gelaran FBIM tahun 2023.

Nadalsyah juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat maupun turut serta memberikan dukungan kepada kontingen Kabupaten Barito Utara, sehingga dapat mendapat gelar juara umum ke dua.

“Ini adalah berkat kerja keras semua pihak, khusunya para kontingen yang tekun berlatih,” ungkapnya.

Mempertahankan juara umum adalah sesuatu yang lebih sulit dibanding meraihnya, tantangan yang dihadapi lebih kompleks.

“Namun, dengan semangat Iya Mulik Bengkang Turan dan kerja keras serta kerja ikhlas, Alhamdulillah kita bisa meraih juara umum ke dua,” kata H Nadalsyah.

Dirinya juga mengharapkan, ajang FBIM ini sebagai wahana memperkenalkan ragam budaya masyarakat khususnya Kabupaten Barito Utara dan sekaligus promosi destinasi wisata dan produk ekonomi kreatif yang ada di daerah setempat. Sehingga dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun manca negara.

Selain hal tersebut, FBIM juga menjadi ajang menjalin tali silaturahmi baik antar sesama kontingen maupun antar kontingen.

“Mari bersama kita manfaatkan ajang FBIM untuk memajukan kebudayaan daerah khususnya di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan dan kemajuan Bumi Isen Mulang pada umumnya,” kata H Nadalsyah.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait