Kecamatan Teweh Tengah Pertahankan Juara Umum Festival Budaya IMBT tahun 2023

By kabarbor - July 11, 2023 |
Post View : 333
Views
IMG-20230712-WA0001

Muara Teweh – Bupati Barito Utara H Nadalsyah melalui Wakil Bupati Sugianto Panala Putra secara resmi menutup Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan (FBIMBT) tahun 2023, Selasa (11/7/2023) malam di Arena Tiara Batara Muara Teweh. Dimana pada tahun lalu Kecamatan Teweh Tengah meraih juara umum dan tahun ini Kecamatan Teweh Tengah mempertahankan juara umum FBIMBT.

Pada penutupan FBIMBT tahun 2023 ini dihadiri, unsur FKPD, Sekda Muhlis, staf ahli bupati dan asisten sekda, kepala perangkat daerah, Ketua GOW, tokoh masyarakat, tokoh adat, serta dhadiri warga masyarakat Muara Teweh.
“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, saya mengucapkan terima kasih kepada kepada panitia pelaksana kegiatan serta tim penilai atau tim juri Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2023, yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan objektif,” kata Bupati Nadalsyah dalam sambutannya yang disampaikan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra.

Dikatakannya, kepada seluruh peserta baik dari kontingen 9 (sembilan) Kecamatan, masyarakat umum ataupun sanggar–sanggar seni budaya, agar terus berkarya dan berkreatifitas.

“Jadikan usaha yang telah kita laksanakan sebagai pembelajaran serta kebermanfaatan untuk daerah kita. Menang atau kalah adalah hal yang wajar dalam perlombaan, yang pasti ajang ini kita jadikan sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi dan menjaga persaudaraan di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan yang kita cintai ini,” kata Wabup.

Pada kesempatan itu Bupati melalui Wabup Sugianto Palana Putra berharap melalui kegiatan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan mampu mempertahankan budaya serta mensosialisasikan bagi generasi muda kita akan kekayaan serta kearifan lokal budaya di Kabupaten Barito Utara.

“Saya juga berharap kepada Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Barito Utara agar terus menggali dan mencari potensi-potensi seni budaya tradisional yang kita miliki,” katanya.

Sehingga kata dia dapat dikembangkan sebagai sumber pendapatan daerah dari wisatawan lokal maupun mancanegara, karena salah satu faktor yang menarik kunjungan wisatawan selain kondisi alam adalah seni budaya daerah.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada para pemenang pada masing-masing juara, tetap rendah hati dan meningkatkan kembali prestasi agar mampu membawa nama harum Barito Utara di Festival Budaya Isen Mulang tahun 2024 mendatang,” ucapnya.

Dan kata Wabup Sugianto Panala Putra kepada yang belum memenangkan perlombaan agar tetap berjiwa besar, tetap semangat berlatih dan meningkatkan kemampuannya sehingga tahun depan mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi.

“Kepada segenap panitia dan semua pihak yang terlibat dalam Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan tahun 2023 saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini dengan lancar dan sukses,” pungkasnya.

Sementara Kepala Disbudparpora Barito Utara Hj Annisa Cahyawati mengatakan untuk juara umum pada Festival Budaya IMBT tahun 2023 ini diraih oleh Kecmatan Teweh Tengah, juara 2 Kecamatan Gunung Timang, Juara 3 Teweh Baru.

Kemudian juara 4 diraih Kecamatan Montallat, juara 4 Kecamatan Teweh Selatan, dan pada urutan ke 6 diraih Kecamatan Teweh Timur, urutan 7 di raih Kecamatan Lahei Barat, urutan ke 8 diraih Kecamatan Gunung Purei dan ke urutan 9 diraih Kecamatan Lahei.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih, khususnya kepada Bupati Brito Utara H Nadalsyah serta seluruh jajarannya atas perhatian dan dukungannya sehingga Festival Budaya IMBT tahun ini bisa terlaksana dengan lancar. Dan ucapan terima kasih juga kepada seluruh unsur FKPD dan seluruh masyarakat di daerah ini,” kata Ah Annisa Cahyawati.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait