Ini Harapan Bupati Nadalsyah Pada Pelatihan LKPJ APBDes

By kabarbor - June 7, 2023 |
Post View : 322
Views
IMG-20230608-WA0016

Muara Teweh – Bupati Barito Utara (Barut) H Nadalsyah berharap kepada Kepala Desa, Aparatur Pemerintah Desa dan Ketua BPD se Kabupaten Barito Utara dan peserta kegiatan pelatihan ini dapat menyerap seluruh ilmu yang telah diberikan oleh narasumber, agar menghasilkan ouput yang langsung diterapkan dalam kegiatan pemerintahan desa sehingga terwujud tata kelola pemerintahan desa yang baik (good governance).

Hal tersebut disampaikan bupati Barito Utara H Nadalsyah pada stessing penutupan pelatihan laporan pertanggung jawaban APBDes, Sosialisasi Perpajakan dan Pencegahan Penyalahgunaan Kewenangan Pemerintah Desa dalam pengelolaan keuangan desa dan BPD, di gedung Balai Antang Muara Teweh, Rabu (7/6/2023) petang.

“Saya selaku kepala daerah menaruh harapan terbesar kepada seluruh kepala desa beserta jajarannya adalah meningkatnya pemahaman dalam pengelolaan keuangan desa khususnya menyusun laporan pertanggungjawaban APBDes, kewajiban perpajakan, dan meningkatkan kesadaran hukum untuk menghindari adanya penyalahgunaan kewenangan dalam pengelolaan keuangan desa,” kata Bupati H Nadalsyah.

Pada kesempatan itu Bupati Nadalsyah juga menyampaikan beberapa hal penting yang perlu diingatkan seluruh aparatur Pemerintah Desa dan jajaran, yaitu agar melaksanakan dan menerapkan semua ketentuan dan peraturan yang berlaku dalam pengelolaan administrasi desa dan pengelolaan keuangan desa, jangan ada niat dan upaya aparatur desa untuk melakukan sesuatu diluar ketentuan yang berlaku.

“Dalam hal tertib administrasi desa perlu dilaksanakan dengan sungguh-sungguh karena keberadaan data yang valid merupakan modal utama dalam mendukung pembangunan desa di wilayah saudara masing-masing,” ucap Nadalsyah.

Dijelaskannya, dengan keterbatasan waktu pelatihan ini tentu tidak semua materi bisa diserap dengan baik, untuk itu diperlukan peran aktif semua aparatur desa untuk melakukan konsultasi dan meminta bimbingan kesemua pihak yang berkompeten dibidang pengelolaan administrasi keuangan desa tersebut.

“Untuk aparat di kecamatan saya ingatkan bahwa tugas pendampingan dan pembinaan terhadap semua pengelolaan pemerintahan desa harus dilakukan secara berkesinambungan, lakukan dengan tulus dan selalu berpedoman pada ketentuan yang berlaku,” tegas Nadalsyah.

Lebih lanjut Nadalsyah pemerintah desa, perangkat desa dan BPD agar selalu bersinergi dan mempedomani tupoksinya sesuai aturan.

“Dan terkhusus juga bagi kepala desa yang mengikuti kontestas politik agar segera memenuhi persyaratan sesuai dengan aturan dan BPD serta kecamatan agar segera melakukan tugas sesuai mekanismenya, jangan sampai terjadi kekosongan pemerintahan desa,” imbuhnya.

Bupati Nadalsyah pada kesempatan tersebut juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Camat, Kepala Desa dan Ketua BPD se Kabupaten Barito Utara yang sudah membantu dan mensukseskan pembangunan di Kabupaten barito utara selama kepemimpinan kami.

“Kami menyadari tidak semua keinginan masyarakat desa dapat kita akomodir karena keterbatasan anggaran, hal ini harus kita sikapi dengan arif dan bijaksana. Kami juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama masa kepemimpinan kami terdapat kekurangan,” pungkasnya.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait