DPKP Kota Palangka Raya Tingkatkan Kapasitas Petugas ke Jepang

By kabarbor - June 5, 2024 |
Post View : 432
Views
IMG-20240628-WA0197

Palangka Raya- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, beberapa waktu lalu telah mengikuti pelatihan penanganan bencana di Kitakyushu, Jepang.
Pelatihan yang diadakan oleh Japan International Cooperation Agency (JICA) ini berlangsung pada 25 Mei hingga 1 Juni 2024. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dalam menangani bencana di tingkat regional (daerah), nasional dan internasional, sejalan dengan visi dan misi Wali Kota Palangka Raya.
Kepala DPKP Palangka Raya, Gloriana Aden mengatakan Fokus utama pelatihan adalah pada teknologi pemadaman kebakaran hutan dan lahan gambut menggunakan busa pemadam berbahan dasar sabun.
“Tentunya dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat memberikan solusi inovatif dalam mengatasi kebakaran di Kalimantan Tengah khususnya bagi kita di Kota Palangka Raya,” kata Gloriana ketika diwawancarai awak media, Rabu (5/6/2024).
Dia menjelaskan bahwa partisipasi dalam pelatihan ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kemampuan teknis dan manajerial dalam menangani kebakaran, serta meningkatkan kerja sama dengan pihak terkait di Jepang.
Selain itu, peserta pelatihan juga mendapat kesempatan untuk memahami manajemen bencana dan kebakaran dan respon bencana, serta melakukan kunjungan ke pabrik sabun Shabondama untuk mempelajari proses pembuatan busa pemadam yang ramah lingkungan dan ramah manusia.
Gloriana Aden berharap pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dari pelatihan ini dapat diterapkan secara efektif di lapangan, serta memperkuat hubungan kerja sama dengan Jepang.(ap)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait