DPKP Kota Palangka Raya Tingkatkan Intensitas Pengecekan Hewan Kurban

By kabarbor - May 29, 2024 |
Post View : 397
Views
IMG-20240628-WA0006

Palangka Raya – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palangka Raya meningkatkan intensitas pengecekan kesehatan hewan kurban di wilayah setempat.
Kepala DPKP Kota Palangka Raya, Sugiyanto mengatakan bahwa tim khusus telah dibentuk untuk memonitor kesehatan hewan kurban mulai dari pemeriksaan awal hingga menjelang hari H.
“Kami terus melakukan pemantauan kesehatan hewan hingga H-1 jelang hari raya Iduladha. Saat ini ada 624 ekor sapi dan 400 ekor kambing yang dipantau, dan jumlah ini akan terus bertambah mengingat hewan kurban dari Kalimantan Selatan dan Kabupaten Pulang Pisau masih berdatangan,” kata Sugiyanto, Rabu (29/5/2024).
Sugiyanto juga mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dalam memilih hewan kurban. Hewan yang telah diperiksa kesehatannya akan diberi tanda khusus atau peneng, dan DPKP akan mengeluarkan surat resmi yang menjamin kesehatan hewan tersebut.
Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat, Veteriner, Pengolahan, dan Pemasaran Hasil Ternak, DPKP Kota Palangka Raya, Ganjar Priyatno, menambahkan bahwa distribusi hewan kurban dari luar daerah masih berjalan.
Diperkirakan total hewan kurban akan mencapai 1.500 ekor sapi dan sekitar 600 ekor kambing. Meski ada penyakit yang perlu diwaspadai, seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) serta Lesions and Skin Diseases (LSD), namun pihaknya telah mengatasi dengan pemberian vaksin yang tepat.
“Semua sudah ditangani dengan baik dan hewan-hewan kurban telah diberikan vaksin. Dua penyakit yang saat ini banyak menyerang hewan kurban, PMK dan LSD, tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena kita memiliki vaksinnya. Tim kesehatan kami terus bergerak untuk memeriksa kesehatan hewan kurban guna memastikan keamanan menjelang Hari Raya Iduladha dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat,” tambah Ganjar.
Ganjar juga menyampaikan bahwa ke depan akan ada hewan kurban yang berasal dari Sulawesi dan NTT. Semua hewan kurban yang tiba dan dijual akan diperiksa secara bertahap untuk memastikan ketersediaan hewan kurban yang sehat dan aman sebelum Hari Raya Iduladha.
DPKP Kota Palangka Raya berkomitmen untuk menjaga kesehatan hewan kurban melalui serangkaian pemeriksaan berkesinambungan, sehingga masyarakat dapat melaksanakan ibadah kurban dengan tenang dan aman.(ap)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait