Dispursip Palangka Raya Audit Sistem Kearsipan Internal Perangkat Daerah

By kabarbor - June 9, 2024 |
Post View : 400
Views
IMG-20240628-WA0148

Palangka Raya – Bidang Kearsipan Dispursip Kota Palangka Raya serius dalam menjaga kelengkapan dan keakuratan arsip pemerintahan. Upaya itu dilakukan melalui Audit Sistem Kearsipan Internal (ASKI), 34 Perangkat Daerah di Kota Palangka yang diperiksa secara menyeluruh.

“Audit ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap Perangkat Daerah mengelola arsip dengan baik dan optimal,” kata Kepala Dispursip, Benhur Pangaribuan, Minggu (09/06/2024).

Proses audit melibatkan 17 tim penilai yang terdiri dari 40 Arsiparis dan 11 Auditor.  Mereka bekerja keras dalam 3 tahap untuk memastikan keakuratan data dan sistem kearsipan di setiap Perangkat Daerah.

Tahap pertama, mengumpulkan data dukung ASKI dengan melakukan verifikasi dan wawancara langsung kepada Perangkat Daerah. Tahap kedua, Perangkat Daerah diminta untuk mengisi form Penilaian ASKI, RHAS UP dan UK. 

Terakhir, tim penilai akan membuat Laporan Audit Kearsipan Internal (LAKI) yang berisi hasil audit dan rekomendasi perbaikan.

“Arsip merupakan bukti otentik dalam suatu kegiatan.  Oleh karena itu, pengelolaan arsip yang baik dan optimal sangat penting untuk dijaga,” ujarnya.

Melalui audit ini, diharapkan sistem kearsipan di setiap Perangkat Daerah dapat ditingkatkan dan dijalankan dengan lebih baik. Hal ini akan membantu dalam proses pengambilan keputusan, akuntabilitas, dan transparansi pemerintahan.(ap)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait