Disdukcapil Barito Utara Lakukan Pelayanan Keliling Dokumen Administrasi Kependudukan

By kabarbor - June 9, 2023 |
Post View : 274
Views
IMG-20230610-WA0009

 Muara Teweh – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Utara (Disdukcapil Barut) melakukan pelayanan keliling dokumen administrasi kependudukan, di wilayah Kecamatan Teweh Timur, Kamis (1/6/2023) lalu.

Pelayanan keliling yang dilakukan Disdukcapil Barito Utara tersebut dalam rangka mewujudkan pelayanan yang mudah dan menyentuh kepada seluruh lapisan masyarakat di daerah ini.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Barito Utara Drs Hendro Nakalelo, Jumat (9/6/2023) mengatakan pihaknya pada awal Juni kemarin turun langsung ke lapangan dalam rangka melaksanakan pelayanan keliling dokumen administrasi kependudukan, di wilayah Kecamatan Teweh Timur.

Kadis Dukcapil Dalam pelaksanaan pelayanan keliling dokumen kependudukan tersebut didampingi Kepala Bidang Pencatatan Sipil dan Kepala Bidang Daftar Penduduk beserta staf.

“Kami langsung turun kelapangan dalam rangka memberikan pelayanan yang mudah bagi masyarakat di daerah ini. Layanan keliling ini, Disdukcapil melakukan pelayanan kepengurusan dokumen Adminduk di wilayah Kecamatan Teweh Timur,” kata Hendro Nakalelo.

Diatakannya, pelayanan tersebut mencakup beberapa dokumen kependudukan yaitu Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran (AK), Akta Kematian (AK), Akta Perkawinan (AP), KTP Elektronik dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Diungkapkan Kadisdukcapil, pelayanan keliling Adminduk yang dilakukan Disdukcapil Barito Utara ini sangat ditanggapi positif oleh masyarakat setempat, dan dilihat dari antusias warga yang datang untuk mengurus dokumen Adminduk.

“Kami dari Dukcapil Barito Utara menyampaikan ucapan terima kasih kepada aparat Kecamatan Teweh Timur atas bantuan dan kerjasamanya dalam hal mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya dokumen Adminduk,” kata Hendro lagi.

Hendro Nakalelo juga mengharapkan dengan adanya pelayanan keliling Adminduk ini bisa mempermudah dan membantu masyarakata agar bisa lebih cepat dalam kepengurusan dokumen Adminduk.

“Serta bisa menambah kesadaran warga masyarakat di daerah ini untuk lebih tertib dalam Administrasi Kependudukan,” kata Hendro Nakalelo.

Sementara Kasi Trantib Kecamatan Teweh Timur Irwanto mengatakan dalam kegiatan pelayanan keliling yang diadakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Barito Utara sangat disambut antusia oleh warga masyarakat di Kecamatan Teweh Timur.

“Warga masyarakat di wilayah Kecamatan Teweh Timur sangat antusias sekali menyambut Dinas Dukcapil yang memberikan layanan keliling administrasi kependudukan, bahkan pelayanan ini sampai malam masih ada masyarakat yang datang untuk meminta layanan kependudukan,” kata Irwanto.

Dirinya juga mengharapkan pelayanan kililing administrasi kependudukan di wilayah kecamatan di kabupaten Barito Utara bisa dilaksanakan kembali. Hal ini sangat membantu warga masyarakat khususnya yang berada di kecamatan yang jauh dari ibukota Kabupaten.

“Dengan adanya pelayanan keliling adiminstrasi kependudukan ini sangat membantu warga masyarakat khususnya di wilayah kecamatan yang jauh dari ibukota kabupaten. Kalau ke ibukota Kabupaten untuk pelayanan administrasi kependudukan memerlukan biaya yang tidak sedikit,” kata dia.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait