Dinkes Barut Laksanakan Pertemuan Peningkatan Teknis Puskesmas

By kabarbor - October 21, 2022 |
Post View : 352
Views
EAD00044-CEAA-4C8F-A179-F5EF495CB599

Muara Teweh – Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara (Dinkes Barut) melaksanakan pertemuan peningkatan kemampuan teknis Puskesmas dalam analisis data hasil PIS PK (Aplikasi Inarata), di aula Dinas Kesehatan setempat, Jumat (21/10/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri Kadiskes H Siswandoyo sekaligus membuka kegiatan tersebut, nara sumber Provinsi Kalteng serta dihadiri 17 Kepala Puskesmas se Barito Utara.

Kepala Dinas Kesehatan H Siswandoyo saat memberikan sambutan mengatakan, Kementerian Kesehatan menetapkan salah satu strategi pembangunan kesehatan melalui program Indonesia sehat yang selalu dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pendekatan keluarga.

“Pendekatan keluarga maksudnya adalah salah satu cara puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga,” katanya.

Selain itu, pendekatan keluarga tidak hanya pendataan, karena puskesmas akan melakukan nalisis data terhadap hasil kunjungan keluarga dan merencanakan upaya interval lanjut terhadap masalah kesehatan keluarga/masyarakat. “jika pendekatan keluarga dilaksanakan dengan baik maka pelayanan dasar SPM Puskesmas akan tercapai,” ucapnya.

Dikatakan Sis panggilan akrab Kadis Kesehatan ini, untuk analisis data kita memamfaatkan Raw Data yang ada di aplikasi KS. “ meskipun sudah tersedia akses untuk mengunduh Raw data kunjungan keluarga tetapi belum semua puskesmas memampaatkannya sebagai dasar pelaksanaan analisis,” tuturnya.

Lanjutnya, agar analisis data puskesmas dapat terselenggara dengan baik maka perlu adanya peningkatan kemamfuan teknis dalam analisis data hasil Pis PK guna meningkatkan pemahaman pemegang program. “Pada prtemuan ini saya mengharapkan setiap puskesmas dapat mengalaisis hasil data kunjungan keluarga yang bermamfaat dalam perencanaan intervensi lanjut secara evidence based,” imbuhnya.

Ditambahkannya, kami mengharapkan kepada seluruh peserta untuk bersungguh-sungguh mengikuti dengan seksama pertemuan pada hari ini agar tujuan dari program PIS PK dapat terlaksana dengan baik.(ard)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait