Camat : Jangan Sampai ada Kasus Stunting di Wilayah Kecamatan Teweh Tengah

By kabarbor - June 8, 2023 |
Post View : 324
Views
IMG-20230609-WA0004

Muara Teweh – Kecamatan Teweh Tengah pada hari Kamis (8/6/2023) melaksanakan rapat rembuk stunting di aula kantor Desa Beringin Raya. Kegiatan tersebut dihadiri Kasi PMD Lelinataria mewakili Camat Teweh Tengah, Ketua TP PKK Kecamatan Teweh Tengah Noor Naharti beserta Staf Kecamatan Teweh Tengah.

Kegiatan tersebut juga dihadiri TA P3MD Kabupaten Barito Utara, Kepala Desa Beringin Raya beserta perangkat Desa dan jajaran, Ketua BPD Desa Beringin Raya beserta anggota, Kepala Puskesmas Sei Rahayu dan Bidan, Kader RDS, Kader Posyandu Desa Beringin Raya, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa.

Ketua TP PKK Kecamatan Teweh Noor Naharti pada kesempatan itu menyampaikan beberapa hal terkait pencegahan dan penurunan stunting yaitu agar selalu berkoordinasi dengan lintas sektor terkait pencegahan dan penurunan stunting,

Kemudian kata Ketua TP PKK mendukung program-program pemerintah dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting, pentingnya orang tua menjaga asupan gizi selama kehamilan sampai 1000 hari pertama kelahiran.

Ketua TP PKK Teweh Tengah pada kesempatan itu juga memberikan apresiasi kepada Desa yang ada di Kecamatan Teweh Tengah yang tidak ada kasus Stunting di wilayahnya,

“Camat Teweh Tengah berpesan agar jangan sampai ada kasus Stunting di wilayah Kecamatan Teweh Tengah, gunakan Dana Desa (DD) dengan sebaik-baiknya serta selalu lakukan koordinasi dengan Pendamping Desa dan Kecamatan,” kata Ketua TP PKK Teweh Tengah Noor Naharti.

Sebelumnya, Camat Teweh Tengah Jati Prayogo dalam sambutannya yang disampaikan Kasi PMD Lelinataria menyampaikan bahwa masalah Stunting ini masih menjadi perhatian secara Nasional yang perlu mendapatkan penanganan guna percepatan penurunan Stunting di wilayah Kabupaten Barito Utara khususnya.

“Dengan dilaksanakan rembuk Stunting ini dapat bersama-sama barbagi data untuk menyatukan gerakan dalam penanganan Stunting kedepannya sebagai ujung tombak pelayanan, Kader RDS, KPM, kader Posyandu serta tenaga kesehatan harus mampu memberikan edukasi dan mengarahkan kaluarga untuk memiliki pola pikir hidup sehat dan maju,” kata Lelinataria.

Dijelaskannya, hidup sehat yang dimaksud adalah secara secara sederhana seperti keluarga mampu mengolah makanan yang memenuhi kebutuhan gizi anggota keluarga dan mengarahkan masyarakat di daerah-daerah terpencil akan pentingnya pendidikan anak serta edukasi tentang bahaya dari pernikahan dini.

Camat Teweh Tengah melalui Kadi PMD berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar serta hasil yang didapatkan dari rembuk Stunting ini dapat bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat di Desa Beringin Raya.

Pada kesempatan ini juga, Kasi PMD Kecamatan Teweh Tengah bersama-sama dengan Kepala Desa Beringin Raya dan jajaran lakukan pengecekan kegiatan fisik pengerjaan pembangunan pos kamling, pembangunan gudang Desa dan pengecatan pagar desa Beringin Raya dari Anggaran ADD tahap I.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait