Bupati Nadalsyah dan Warga Barito Utara Sambut Kunjungan Singa Barongsai

By kabarbor - August 14, 2022 |
Post View : 228
Views
IMG-20220814-WA0035

Muara Teweh – Bupati Barito Utara, H Nadalsyah beserta Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Ketua TP PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati, Ketua GOW, Sekretaris Daerah Drs Muhlis dan Ketua Dharma Wanita Persatuan, menyambut rombongan barongsai Hong De Banjarmasin Indonesia di Rumah Jabatan Bupati Barito Utara, Jalan A Yani yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan di Water Front City Muara Teweh, Minggu (14/8/2022).

 

Barongsai sendiri adalah perpaduan tarian, olahraga, dan beberapa unsur bela diri dalam satu penampilan yang menggunakan kostum singa dengan corak berwarna- warni.

 

Kelompok Barongsai dari Banjarmasin ini mengadakan pergelaran di Water Front City (WFC) Muara Teweh pada Minggu sore pukul 14.30 WIB dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke 77 Republik Indonesia di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Barito Utara dengan difasilitasi oleh Kerukunan Tionghoa Barito Utara.

 

Proses penyambutan dimulai dengan tarian 3 Singa Barongsai di depan pintu masuk Rumah Jabatan diiringi dengan instrumen dari beberapa alat musik, di antaranya drum, simbal dan juga gong yang dilanjutkan dengan proses Caicing atau pemberian amplop merah berisi uang (angpao) pada singa yang langsung di masukan kedalam mulutnya. 

 

Uniknya angpao tersebut diletakkan di atas pintu masuk yang akan diambil dengan atraksi. Hal tersebut merupakan tradisi dan sebuah apresiasi atau hadiah untuk sang singa yang telah tampil dalam sebuah pertunjukan serta dalam kepercayaan tionghoa hal tersebut juga sebagai pengusir bala.

 

H Nadalsyah mengapresiasi dengan kedatangan Barongsai di Muara Teweh. Ini merupakan hal baru dan akan menjadi pertunjukan yang menarik bagi warga masyarakat khususnya Muara Teweh dan Barito Utara pada umumnya.

 

Pantauan di sekitar Water Front City, warga masyarakat sangat antusia untuk menyaksikan atraksi kelompok Barongsai dari kota Banjarmasin Kalimantan Selatan ini. Barongsai ini baru pertama kali ini melaksanakan pertunjukan di Kabupaten Barito Utara.(Ar)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait