Bupati Minta Kepal Desa Terpilih Jalankan Tugas Dengan Sebaik-Baiknya

By kabarbor - July 21, 2022 |
Post View : 178
Views
IMG-20220721-WA0034

Muara Teweh – Bupati Barito Utara H Nadalsyah meminta kepada Kepala Desa (Kades) yang baru saja dilantik agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

 

“Segera melaksanakan perencanaan pembangunan desa untuk 6 (enam) tahun kedepan, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, hingga ditetapkan RPJMDes yang menjadi pedoman umum pembangunan desa selama 6 (enam) tahun kedepan,” kata bupati usai melantik Kepala Desa di arena Tiara Batara Muara Teweh, Kamis (21/7/2022).

 

Selain itu tegas Nadalsyah tidak memberhentikan perangkat desa secara semena-mena dan mengangkat perangkat desa yang baru sebagai hasil kesepakatan saat pilkades, pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa harus berpedoman kepada peraturan daerah Kabupaten Barito Utara nomor 3 tahun 2018.

 

Kemudian katanya rangkul dan persatukan masyarakat desa dan calon kepala desa lain pasca pilkades serentak, agar tidak terjadi sekat dalam masyarakat desa dan saling bekerjasama membangun desa.

 

“Menjalin konsultasi dan koordinasi yang baik dengan pemerintah Kabupaten Barito Utara, kecamatan, aparat pembina keamanan di desa, BPD dan lembaga dan organisasi desa lainnya. Menjalin hubungan yang harmonis dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat, tingkatkan pelayanan kepada masyarakat desa, tertibkan administrasi desa dan keuangan desa, serta tingkatkan kapasitas perangkat desa dan prioritaskan pendidikan dan kesehatan, serta perekonomian masyarakat desa,” tegas Nadalsyah.

 

Lebih lanjut Nadalsyah dalam melaksanakan kegiatan pembangunan dan mengambil kebijakan atau keputusan, hendaklah mematuhi dan mentaati ketentuan dan aturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga diharapkan tidak ada lagi kepala desa yang diperiksa karena penyalahgunaan keuangan desa dan penyalahgunaan wewenang.

 

“Kepada para Camat, saya meminta agar memastikan serah terima jabatan kepala desa sebagaimana ketentuan yang berlaku dapat segera dilakukan dalam 1 (satu) minggu kedepan, sehingga para kepala desa yang baru juga dapat segera menjalankan tugas, fungsi dan wewenangnya. Dan juga memperhatikan penyerapan dana desa dan pertanggunjawaban penggunaan dana desa sesuai dengan ketentuan dan tepat waktu,” kata dia.

 

Demikian juga kata bupati Nadalsyah, kepada Dinas Sosial PMD Kabupaten Barito Utara, Bupati meminta untuk segera memberikan pelatihan awal masa tugas kepala desa sebagai orientasi dan bekalbagi para kepala desa.

 

Pada kesempatan itu Bupati H Nadalsyah atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada panitia Pilkades Serentak Kabupaten Barito Utara tahun 2022, dari tingkat desa, kecamatan, hingga tingkat kabupaten. 

 

Demikian juga katanya Kepada Dinas, badan dan lembaga serta jajaran pemerintah desa dan kecamatan yang telah memberikan dukunganya, termasuk juga TNI/Polri dan para tokoh masyarakat atas lancar dan suksesnya pelaksanaan pilkades serentak Kabupaten Barito Utara tahun 2022 sampai dengan pelantikan kepala desa terpilih pada hari ini.

 

“Tidak lupa saya juga mengucapkan selamat dan sukses kepada para kepala desa terpilih yang telah dilantik dan diambil sumpah janjinya pada hari ini, selamat bertugas dan mengabdi bagi bangsa dan negara. Semoga Allah SWT meridhoi langkah pengabdian kita. Aamiin,” pungkasnya.(Ar)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait