Bupati Lepas 110 Peserta Pemagangan Dalam Negeri

By kabarbor - June 27, 2023 |
Post View : 365
Views
IMG-20230627-WA0008

Muara Teweh – Bupati Barito Utara H Nadalsyah melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara, M Mastur melepas 110 peserta pemagangan dalam negeri di 28 perusahaan, BUMN dan BUMD di daerah setempat, Selasa (27/6/2023) di aula BappedaLitbang Muara Teweh.

“Pemagangan merupakan bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan produktivitas pada bidang tenaga kerja Disnakertranskop UKM Barito Utara atau bekerjasama dengan lembaga pelatihan kerja (LPK) dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur yang berpengalaman,” kata Bupati H Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang bacakan Kadis Nakertranskop UKM Barito Utara M Mastur, Selasa (27/6/2023).

Menurut Bupati, meningkatnya jumlah pengangguran yang sebagian besar diantaranya adalah tenaga kerja dengan tingkat pendidikan dan ketrampilan yang rendah seolah-olah menjadi momok bagi Pemerintah Daerah Barito Utara.

Ditambah lagi kata Nadalsyah 3 (tiga) tahun terakhir ini indonesia di serang pandemic Covid-19 yang membuat perekonomian masyarakat melemah di akibatkan PHK dan usaha masyarakat banyak yang gulung tikar.

Oleh sebab itu ucapnya diperlukan perhatian dan kerjasama yang serius dari pemerintah dengan perusahaan daerah maupun swasta untuk dapat menyelenggarakan pelatihan kerja untuk membekali, meningkatkan, dan mengembangkan kompetensi kerja guna meningkatkan kemampuan, produktifitas dan kesejahteraan tenaga kerja beserta keluarganya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan banyak keuntungan yang diperoleh ketika mengikuti pemagangan. Diantaranya membangun jiwa yang disiplin, serta meningkatkan keterampilan khusus sesuai dengan yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industry.

“Karena dalam pemagangan para peserta mendapatkan pengalaman yang sifatnya langsung berupa kompetensi. Seperti yang dilaksanakan saat ini, sesuai dengan yang di butuhkan pihak perusahaan yaitu administrasi perkantoran dan mekanik,” jelas Bupati dalam sambutannya yang disampaikan Kadis Nakertranskop UKM, M Mastur.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait