Bupati H Nadalsyah Hadiri Open Ceromoni GTTGN XXIII Tahun 2022

By kabarbor - October 20, 2022 |
Post View : 234
Views
9BD03AAB-8501-46D0-81E6-923043F4AAB6

CIREBON – Bupati Barito Utara (Barut) H Nadalsyah bersama beberapa Kepala Perangkat Daerah dan 31 Kepala Desa dari 6 Kecamatan di Barito Utara. menghadiri kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXIII Tahun 2022, di Aston Cirebon Hotel & Convention Center, Cirebon Jawa Barat, Rabu (19/10/2022).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar. Selain dari Kabupaten Barito Utara, acara tersebut dihadiri oleh anggota DPR RI, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Wakil Gubernur Jawa Barat, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Bupati/Walikota se Indonesia, Kadis PMD se Indonesia, dan undangan lainnya.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar menyampaikan bahwa bangsa Indonesia membuat catatan penting dalam tata kelola pemerintahan desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa.

Dalam GTTGN, program teknologi menggunakan teknologi tepat guna. “Pemanfaatan dana desa untuk teknologi tepat guna bagi sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat mendapatkan ruang yang sangat luas untuk dilakukan oleh kita semua oleh dari pemerintah daerah bahkan sampai desa,” kata Iskandar.

Dikatakannya, sejak tahun 2015 sampai 2022 jumlah peralatan teknologi tepat guna di desa untuk bidang pertanian telah digunakan sebanyak 99.900 alat, pada peternakan sudah dimanfaatkan 653.908, sedangkan pada bidang perikanan sudah tersedia sebanyak 450.466 alat.

“Dampaknya desa-desa melaporkan penggunaan peralatan tepat guna tersebut telah berhasil meningkatkan produktivitas sektor ekonomi pertanian perikanan dan peternakan,” jelas Iskandar.

Sementara Bupati Barito Utara, H Nadalsyah mengingatkan kembali kepada para kepala desa yang mengikuti acara agar dapat melihat dan mempelajari teknologi tepat guna menjadi bagi peningkatan variabel penting bagi peningkatan produktifitas warga desanya.

“Diharapkan agar nantinya dapat mengimplementasikan teknologi tepat guna yang dapat digunakan di Kabupaten Barito Utara, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,” kata H Nadalsyah. (ard)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait