Bupati Barito Utara Serahkan Mobil Operasional RPH Muara Teweh

By kabarbor - August 17, 2022 |
Post View : 178
Views
IMG-20220818-WA0028

Muara Teweh – Usai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke 77 Republik Indonesia (RI), Bupati Barito Utara H Nadalsyah menyerahkan mobil operasional Unit Pelaksana Teknis Rumah Potong Hewan (UPT RPH) kepada Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara.

 

Penyerahan mobil operasional UPT RPH ini sebagai bentuk dukungan Pemkab Barito Utara kepada Dinas Pertanian dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya pelayanan potong hewan.

 

Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengatakan bantuan ini sebagai salah satu dukungan untuk kelancaran pelaksanaan tugas dan meningkatkan fungsi pelayanan kepada masyarakat sehingga diharapkan kedepannya lebih dapat meningkatkan kualitas kerja dalam menjunjung pelaksanaan program program dinas pertanian.

 

Sementara Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Syahmiludin A Surapati mengucapkan terima kasih atas dukungan dan perhatian yang sedemikian besar dari Bupati Barito Utara bapak H Nadalsyah terhadap program pembangunan pertanian di Kabupaten Barito Utara. 

 

“Khusus untuk kegiatan UPT Rumah Potong Hewan menjadi perhatian Bapak Bupati agar betul-betul dikelola dengan baik,” kata Syahmiludin A Surapati, Kamis (18/8/2022) saat dihubungi melalui saluran telpon.

 

Hall ini kata dia, dimaksudkan agar kedepan Kabupaten Barito Utara mempunyai Rumah Potong Hewan yang refresentatif sesuai standar persyaratan yang ditentukan sehingga mampu memberikan jasa pemotongan hewan ternak yang terjamin dari segi kesehatan, kebersihan dan halal serta bisa menghasilkan PAD bagi Barito Utara. 

 

Menurut Syahmil panggilan akrab Kadis Pertanian, hal yang terpenting lainnya dengan keberadaan RPH ini bisa menjaga tidak adanya pembuangan maupun limbah ternak yang bisa mencemari lingkungan hidup.

 

Dan katanya tidak menimbulkan hal-hal yang bisa membuat keresahan di tengah-tengah masyarakat akibat aktivitas pemotongan hewan ternak yang limbahnya dibuang ke sungai dan menimbulkan bau busuk yang tidak sedap dan dapat menjadi sumber wabah penyakit. 

 

“Insya Allah pada akhir tahun 2022 pembangunan RPH di Muara Teweh bisa selesai dan bisa di operasionalkan,” kata dia.

 

Ia juga menambahkan mobil operasional ini nantinya diperuntukan sebagai mobil operasional Rumah Potong Hewan di wilayah Kabupaten Barito Utara yang mana pada saat ini masih dalam tahap pembangunan dan kedepannya diharapkan UPT RPH ini sudah dapat dimanfaatkan fungsinya sebagai rumah potong hewan yang menghasilkan daging yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH) baik pada waktu penyembelihan hewan qurban atau kegiatan pemotongan hewan setiap harinya,” kata dia.

 

Syahmil juga menghimbau kepada masyarakat di daerah ini agar melaporkan hewan yang akan dipotong atau disembelih. “Hal ini agar dapat dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap hewan yang akan dipotong oleh tim teknis Dinas Pertanian sehingga hewan yang akan didistribusikan diketahui kesehatannya atau kehigienisannya,” pungkasnya.

 

Selain itu, Bupati Barito Utara H Nadalsyah juga menyerahkan bantuan BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris Almarhum Ahmad Maulana AVD mantan pegawai Non PNS di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Barito Utara.(Ar)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait