Bupati Barito Utara Nadalsyah Kukuhkan TPAKD Barito Utara

By kabarbor - August 11, 2022 |
Post View : 174
Views
IMG-20220811-WA0027

Muara Teweh- Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) merupakan forum koordinasi antar instansi dan stakeholder terkait yang dibentuk untuk meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat Barito Utara yang lebih sejahtera. 

 

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah mengukuhkan pembentukan TPAKD Kabupaten Barito Utara yang dilaksanakan di aula rapat Setda yang dihadiri oleh Wakil Bupati, Sugianto Panala Putra, Kepala OJK Prov. Kalteng, Sekda, Drs Muhlis, unsur FKPD, Kepala Perangkat daerah, dan undangan lainnya.

 

Bupati H Nadalsyah menjelaskan bahwa tujuan dibentuk serta dikukuhkan TPAKD Kabupaten Barito Utara ada 6 yakni untuk mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat dalam rangka mendukung perekonomian daerah, mencari terobosan dalam rangka membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat di daerah.

 

Kemudian, mendorong lembaga jasa keuangan untuk meningkatkan peran serta dalam pembangunan ekonomi daerah, menggali potensi ekonomi daerah yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan, mendorong optimalisasi potensi sumber dana di daerah dalam rangka memperluas penyediaan pendanaan produktif antara lain untuk mengembangkan umkm, usaha rintisan (start up business) dan membiayai pembangunan sektor prioritas. 

 

“Dan yang terakhir untuk mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan indeks inklusi keuangan di Indonesia,” kata H Nadalsyah.

 

Bupati juga menyampaikan juga bahwa pandemi Covid-19 yang mengakibatkan pertumbuhan ekonomi menurun sangat tajam, hal ini diperparah dengan kondisi krisis global serta perang antara Ukraina dengan Rusia.  

 

Hal tersebut ungkap H Koyem panggilan akrab bupati, menjadikan salah satu tantangan yang besar bagi negara maupun kita yang di daerah dalam mewujudkan kesejahteraan dan pemerataan pertumbuhan ekonomi. 

 

Dijelaskannya, menyikapi kondisi demikian, intervensi pemerintah yang lebih mendasar menjadi sangat penting, terutama dalam stabilitas perekonomian nasional.

 

“Sehingga menyadarkan kita bahwa ketersediaan produk/layanan keuangan yang mudah dijangkau di seluruh daerah menjadi hal yang perlu diperhatikan, mengingat perekonomian diharapkan masih berjalan walaupun dalam kondisi keterbatasan,” jelas H Nadalsyah.

 

Lebih lanjut H Koyem menuju era normal baru/new normal, peran inklusi keuangan menjadi salah satu arah perekonomian baru untuk menyediakan layanan keuangan yang lebih mudah diperoleh, mudah disesuaikan dan terjangkau, sehingga dapat memperluas akses keuangan bagi seluruh masyarakat kabupaten barito utara, khususnya masyarakat yang selama ini belum tersentuh layanan keuangan. 

 

“Saya berharap dengan dikukuhkan dan dibentuknya TPAKD Kabupaten Barito Utara ini mampu mendorong ketersediaan akses keuangan yang luas bagi masyarakat di Kabupaten Barito Utara sehingga akses dan pemanfaatan layanan jasa keuangan menjadi efektif dan efisien,” harap H Nadalsyah. 

 

H Koyem juga berpesan kepada anggota TPAKD yang baru saja dikukuhkan agar segera melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.(Ar)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait