Bupati Barito Utara Lepas Kontingen Jamnas XI Kwarcab Pramuka Barut

By kabarbor - August 11, 2022 |
Post View : 237
Views
IMG-20220811-WA0024

Muara Teweh – Perhelatan Jambore Nasional (Jamnas) Gerakan Pramuka yang dilaksanakan lima tahun sekali, merupakan pertemuan Pramuka Penggalang se Indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas), dengan peserta dari perwakilan seluruh kabupaten dan kota se-Indonesia. 

 

Untuk Kwarcab Gerakan Kabupaten Barito Utara mengirimkan kontingen sebanyak 50 orang yang secara resmi dilepas Bupati Barito Utara, H Nadalsyah di halaman Kantor Bupati dan disaksikan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekda Drs Muhlis, unsur FKPD, Kepala Perangkat daerah, dan undangan lainnya. 

 

Dalam sambutannya, Bupati H Nadalsyah menjelaskan bahwa Jamnas merupakan cara rekreasi edukatif di dunia kepramukaan dalam bentuk perkemahan luhur dan bertujuan untuk membina pramuka penggalang. 

 

“Pembinaan dalam jambore, mengutamakan pada aspek pembinaan mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial,” jelas H Nadalsyah. 

 

Dikatakan Nadalsyah betapa pentingnya pendidikan kepramukaan sehingga mendorong Pemerintah Kabupaten Barito Utara untuk terus berupaya menjadikan pendidikan kepramukaan ini sebagai bagian dari pendidikan karakter bangsa. 

 

Menurut Nadalsyah pentingnya pendidikan karakter, sesungguhnya didasari pada fenomena dan kondisi faktual daerah saat ini, yang menggambarkan semakin majunya sumber daya manusia (SDM) yang dididik secara telaten berkuntinyu dalam pradikma pendidikan kepramukaan yang salah satu contoh banyaknya para pejabat, pengusaha ASN yang berawal dididik dari anggota pramuka di Barito Utara ini.

 

“Sehingga nilai-nilai kejuangan, semangat persatuan dan kesatuan, semangat kebersamaan masih tertanam dalam diri masing-masing,” kata dia.

 

Buapti Nadalsyah juga mengharapkan kepada seluruh peserta yang ikut dalam kegiatan Jamnas XI, sekembalinya nanti dapat menstimulasi dan merumuskan strategi serta konsep kegiatan kepramukaan yang lebih inovatif, mendidik dan modern agar menjadi daya tarik bagi masuknya kader-kader baru dalam gerakan pramuka.

 

“Atas nama pribadi dan selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Barito Utara, saya berpesan agar kontingen Jamnas dapat menjaga sikap dan perilaku, menanamkan nilai-nilai budi pekerti, senantiasa membangun komunikasi yang baik dengan semua kontingen dari daerah lain serta yang paling utama adalah menjaga kekompakan di antara seluruh kontingen,” pesan bupati yang akrab disapa H Koyem ini. 

 

H Koyem juga berharap kepada para pendamping setelah pulang nanti membawa oleh-oleh kepada anggota Pramuka yang ada di Gugus Depan Kabupaten Barito Utara, sehingga membawa perubahan kemajuan Gerakan Pramuka Barito Utara kedepannya.

 

“Jaga kekompakan dalam kontingen sehingga dari berangkat sampai kembali tetap kompak bersatu dan sehat,” pungkasnya.(Ar)

 

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait