Anggota Paskibraka Ikuti Karya Wisata Duta Belia Paskibraka ke Kaltim

By kabarbor - August 31, 2023 |
Post View : 273
Views
IMG-20230831-WA0005

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesbangPol) setempat melaksanakan kegiatan Karya Wisata Duta Belia Paskibraka ke Ibu Kota Nusantara (IKN) Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam kegiatan Karya Wisata Duta Belia Paskibraka ini diikuti sebanyak 72 purna paskibraka Kabupaten Barito Utara tahun 2023, baik pelatih, pasukan pengawal (paswal) dan purna paskibraka serta pendamping.

Plt Kepala KesbangPol Barito Utara, Rayadi mengatakan kegiatan Karya Wisata Duta Belia Paskibraka tahun ini sebagai bentuk apresiasi Pemkab Barito Utara kepada pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2023 yang telah sukses melaksanakan tugas dalam pelaksanaan pengibaran bendera merah putih pada 17 Agustus 2023 yang lalu.

“Untuk itu kami dari KesbangPol Barito Utara bermaksud untuk memberikan apresiasi kepada mereka dengan melaksanakan kegiatan tour Karya Wisata Duta Belia Paskibraka ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kota Balikpapan Kalimantan Timur,” kata Rayadi disela-sela kegiatan keberangkatan di halaman kantor bupati, Kamis (31/8/2023).

Dikatakan Rayadi, kegiatan tour Karya Wisata Duta Belia Paskibraka bertujuan selain bentuk penghargaan atau reward dari Pemkab Barito Utara untuk anggota purna Paskibraka, juga untuk meningkatkan pengetahuan dan menambah wawasan terkait Ibu Kota Nusantara (IKN).

Adapun peserta yang mengikuti tour Karya Wisata Duta Belia Paskibraka sebanyak 72 orang dengan rincian, 10 orang dari KesbangPol sebagai pendamping, 2 orang tim medis, 4 orang pelatih paskibraka, 6 orang paswal paskibraka, 5 orang purna paskibraka indonesia (PPI) tahun 2022 dan 45 orang anggota Paskibraka.

“Kegiatan Karya Wisata Duta Belia Paskibraka ini berlangsung mulai dari tanggal keberangkatan Kamis 31 Agustus 2023 sampai tanggal 4 September 2023. Beberapa tempat rencananya akan dikunjungi rombongan peserta dalam peningkatan wawasan kebangsaan dari anggota Paskibraka tahun 2023,” katanya.

Dijelaskan Rayadi, kunjungan antara lain, Sabtu (2/9/2023) mengunjungi Museum Mulawarman Tenggarong, kunjungan ke Islamic Center Samarinda. Pada Minggu (3/9/2023) persiapan menuju IKN.

Menurut Rayadi kegiatan ini bersifat edukasi dan wisata alam yang bertujuan untuk mengenal Indonesia lebih dekat dan untuk masalah izin para peserta kegiatan, secara administratif sudah diselesaikan di sekolah serta pimpinannya masing-masing.

“Para pelajar ini sudah mendapat dispensasi dari sekolah untuk mengikuti kegiatan Karya Wisata Duta Belia Paskibraka,” kata dia.

Dirinya juga berpesan kepada anggota Paskibraka Barito Utara 2023, agar mempersiapkan diri mulai dari sekarang jika ingin berhasil di masa yang akan datang.

“Tidak mudah menjadi orang yang berhasil tanpa melalui persiapan, dan salah satu kunci menjadi orang sukses yaitu sikap disiplin. Disiplin itu perlu, dan Paskibraka disiplinnya sudah terlatih, jadi tinggal dijaga saja,” pungkasnya.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait