500 Peserta Ikuti Sosialisasi dan Ikrar Batara Bersinar

By kabarbor - October 20, 2022 |
Post View : 185
Views
192E8623-04B9-48DB-BA48-C1D6FC35588F

Muara Teweh – Dalam kegiatan sosialisasi dan Ikrar Batara Bersinar (Bersih dari Narkoba) yang diadakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabuaten Barito Utara (KesbangPol Barut) di Cafe Kopi Itah Tanam Rekreasi Remaja Jalan Putra Sabui, Kamis (20/10/2022), diikuti sebanyak 500 perserta dari berbagai kalangan.

Kepala Badan Kesbang Pol kabupaten Barito Utara, Melpadona mengatakan kegiatan sosialisasi dan Ikrar Batara Bersinar(Bersih dari Narkoba) ini diikuti sedikitnya 500 peserta dari berbagai kalangan seperti mahasiswa, pelajar (SLTP,SLTA/Sederajat), KNPI, Karang Taruna dan beberapa perwakilan Ormas, Camat dan Lurah, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan unsur pemuda perwakilan beberapa pimpinan perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Barito Utara, perwakilan ASN dari seluruh OPD lingkup Pemkab Barito Utara.

Dikatakannya, permasalahan narkoba seakan tidak ada habisnya, ada kecenderungan jumlah pemakai narkoba mengalami peningkatan setiap tahunnya. “Pemakai narkoba tidak terbatas pada masyarakat perkotaan saja, tapi juga merambah ke pedesaan dan hampir mencakup semua lapisan masyarakat. Pemakaian narkoba sudah merata hampir di semua profesi, tanpa terkecuali,” kata Kaban KesbangPol, Melpadona, Kamis (20/10/2022).

Kondisi tersebut kata Kaban KesbangPol tentu saja memprihatinkan semua pihak, karena penyalahgunaan narkoba bukan hanya berdampak negatif terhadap pemakainya saja, tetapi juga berdampak pada masyarakat di sekitarnya.

“Lebih dari itu, penyalahgunaan narkoba yang dilakukan secara masif oleh masyarakat juga akan memperlemah kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat,” kata dia lagi.

Dikatakan Melpadona, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran remaja di Kabupaten Barito Utara tentang bahaya penyalahgunaan napza/narkoba dan sebagai ajang untuk mengikrarkan tekad pemuda dan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten barito utara agar bersih dari narkoba.

Selain itu jelasnya sebagai upaya pemerintah untuk mengantisipasi potensi penyalahgunaan narkotika dan obat atau bahan berbahaya yang dapat menimbulkan dampak buruk bagi generasi muda dan masyarakat, serta membekali peserta ‘ dengan pengetahuan tentang narkotika dan obat atau bahan berbahaya.

“Dan memberikan edukasi dan pemahaman bagi para pelajar serta keluarga dan masyarakat umum akan bahaya narkoba, sekaligus untuk mendukung program pemerintah yakni “Indonesia Bebas Narkoba”,” kata Melpadona.

Sebelumnya Bupati Barito Utara H Nadalsyah dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra mengatakan kejahatan narkotika merupakan salah satu jenis kejahatan extraordinary crime yang merupakan kejahatan terorganisir lintas negara/Internasional yang dapat menjadi ancaman serius yang merusak sendi-sendi kehidupan suatu bangsa.

“Sehingga kita melakukan perlawanan terhadap satu kejahatan serta di Kabupeten Barito Utara udah menjalar keberbagai lapisan masyarakat dan generasi muda,” kata Wabup Sugianto Panala Putra.

Lebih lanjut Wabup menyampaikan data yang dilansir Badan Narkotika Nasional (BNN) bahwa saat ini jumlah pengguna Narkotika dan bahan adikatif di Indonesia mencapai 4,2 Juta orang termasuk didalamnya anak-anak yang seharusnya dipersiapkan menjadi generasi masa depan pembangunan bangsa dan negara.

Wabup juga berharap kalangan pelajar yang hadir agar dapat menjadi pelopor dan motor penggerak sekaligus mampu mengajak rekan sesama pemuda dan pelajar untuk menjauhi narkoba serta mengedukasi bahaya yang ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba.

“Permasalahan Narkoba merupakan permasalahan bersama bukan hanya tanggung jawab BNN atau pemerintah daerah,namun membutuhkan dukungan dari semua lapisan masyarakat dimulai dari kalangan birokrasi,dunia pendidikan,tokoh agama dan tokoh masyarakat,” kata Wabup Sugianto Panala Putra.

Kepala BNN Kalimantan Tengah Brigjen Pol Drs Sumirat Dwiyanto mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama memerangi segala bentuk tindakan yang berkaitan dengan narkoba

“Saya menghimbau agar menjauhi narkoba karena dapat merusak seluruh organ yang ada didalam tubuh dan terparah dapat merusak karakter seseorang dan ini sangat berbahaya mempengaruhi karakter generasi muda bangsa kedepannya. mari kita ikrar kan bersama bersih dari narkoba Kalimantan Tengah khusunya di Kabupaten Barito Utara,” kata Ketua BNN Kalteng.(ard)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait