50 Peserta Ikuti Sosialisasi dan Promosi serta Pelatihan Pengoperasian SI BAGA

By kabarbor - June 21, 2024 |
Post View : 419
Views
IMG-20240621-WA0010

Muara Teweh – Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Daerah Kabupaten Barito Utara (BPPD Barut) Agus Siswadi mengatakan dalam kegiatan sosialisasi dan promosi serta pelatihan pengoperasian aplikasi SI-BAGA di ikuti sebanyak 50 orang peserta.

“Kegiatan sosislisasi ini diikuti sebanyak 50 peserta yaitu kepala bidang, kasubbid dan pejabat fungsional serta pelaksana pada BPPD, Lurah Lanjas dan Lurah Melayu, notaris area Barito Utara, ketua RT di lingkungan Kelurahan Lanjas dan Keurahan Melayu,” kata Kepala BPPD Barito Utara Agus Siswadi

Dikatakan Kepala BPPD, tujuan dilaksanakannya sosialisasi dan promosi serta pelatihan pengoperasian aplikasi SI-BAGA ini adalah untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang aplikasi SI-BAGA kepada petugas BPPD, Camat, Lurah dan Ketua RT.

Selain itu kata dia untuk mempermudah proses pembayaran pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) bagi masyarakat melalui teknologi berbasis aplikasi. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan dan pemungutan pajak daerah.

“Serta mendukung kebijakan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik. Meningkatkan optimalisasi pemungutan pajak daerah dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) guna mendukung pembangunan daerah. Dan memperkenalkan dan mempromosikan aplikasi SI-BAGA sebagai salah satu inovasi unggulan Kabupaten Barito Utara,” kata dia.

Sedangkan untuk sasaran dilaksanakannya kegiatan sosialisasi dan promosi serta pelatihan pengoperasian aplikasi SI-BAGA ini adalah agar petugas BPPD dalam rangka memberikan pelatihan teknis penggunaan aplikasi untuk meningkatkan kinerja pengelolaan pajak.

“Kepada Camat dan Lurah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan aplikasi SI-BAGA dalam rangka mendukung tugas-tugas administrasi dan pelayanan di tingkat kecamatan dan kelurahan. Serta membekali ketua RT dengan kemampuan menggunakan aplikasi agar dapat membantu masyarakat dalam proses pembayaran Pbb-P2,” kata Agus Siswadi.

Dikatakannya, secara tidak langsung, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dengan mempermudah mereka dalam memenuhi kewajiban pembayaran pajak secara online.

Dan juga meningkatkan kualitas layanan publik dan efisiensi administrasi pemerintahan di bidang perpajakan. Serta mengajak stakeholder terkait untuk berpartisipasi aktif, termasuk lembaga perbankan dan pos, untuk mendukung implementasi pembayaran pajak online melalui aplikasi SI-BAGA.

“Dalam kegiatan sosialisasi ini narasumber dari Kepala BPPD, Frennandi Ade Ilyas selaku programmer PT Mitra Prima Utama penyedia dan pengembang aplikasi SI-BAGA,” katanya.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait