Warga di Ingatkan Cegah Karhutla

By kabarbor - November 7, 2022 |
Post View : 212
Views
IMG-20221108-WA0005

SAMPIT -DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengingatkan kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Mengingat beberapa hari terakhir, kondisi cuaca cukup panas dan tidak ada curah hujan“BMKG menyampaikan Agustus ini merupakan puncak kemarau sehingga rawan terjadi kebakaran, makanya kami mengimbau mas- yarakat juga meningkatkan ke- waspadaan,tidakhanyaterhadapke- bakaranhutandanlahan, tetapijuga kebakaran di daerah permukiman,” kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotim H Rudianur.

Dirinya mengatakan kewaspadaan terhadap kebakaran, khususnya kebakaran hutan dan lahan atau karhutla sangat diper- lukan. Tujuannya agar ancaman musibah tahunan saat kemarau itu bisa dicegah, maka untuk itulah langkah yang lebih efektif adalah mencegah terjadinya kebakaran. Peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk mencegah kar- hutla, salah satunya dengan tidak membakar lahan.

“Membakar lahan saat kemarau sangat rawan memicu terjadinya kebakaran lahan yang tidak terk- endali. Hal itu bisa menyebabkan munculnya kabut asap, dan dapat menimbulkan dampak luas bagi masyarakat seperti mengganggu kesehatan masyarakat, dunia pendidikan, transportasi dan perekono- mian secara umum,” ujar Rudianur.

Politisi Partai Golkar ini juga mengapresiasi langkah pemerintah Kabupaten Kotim yang telah mem- berikan bantuan alat berat berupa ekskavator multi fungsi kepada pemerintah kecamatan. Dari 17 ke- camatan yang ada, saat ini bantuan tersebut sudah diberikan kepada 15 kecamatan dan tinggal Kecamatan Baamang dan Ketapang“Dengan dibagikannya Ekska- vator multi fungsi itu akan sangat membantu masyarakat dalam membuka lahan sehingga mas- yarakat tidak lagi melakukannya dengan cara membakaran. Hal ini diharapkan dapat mencegah terjadinya karhutla akibak dampak pembukaan lahan tersebut,” tutupnya.(ft)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait