Waket I DPRD Seryuan : Pelatihan Ketenagakerjaan Saat Ini Banyak Dimintai Masyarakat

By kabarbor - May 13, 2024 |
Post View : 451
Views
IMG-20240530-WA0002

KUALA PEMBUANG – Wakil Ketua (Waket) I DPRD Kabupaten Seruyan, H Bambang Yantoko mendorong kepada perusahaan-perusahaan besar swasta (PBS) yang beroperasi di wilayah Kabupaten Seruyan agar dapat lebih menggenjot program pemberdayaan masyarakat yang salah satunya yaitu dengan memberikan pelatihan keterampilan.

“Seperti melaksanakan pelatihan ketenagakerjaan, dimana saat ini pelatihan tersebut sangat banyak diminati oleh warga masyarakat, terutama mereka yang ingin berkarier atau ingin mencari pekerjaan,” kata H Bambang Yantoko.

Dijelaskannya, PBS di Kabupaten Seruyan cukup banyak terutama yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit. Dan hendaknya mereka lebih proaktif memberikan program pemberdayaan misalnya pelatihan ketenagakerjaan.

“Dengan adanya pelatihan ketenagakerjaan ini dapat membantu meningkatkan SDM, sehingga lebih kompeten lagi. Dan ini juga harapannya dapat berimplikasi pada pengurangan angka pengangguran dan kemiskinan di wilayah Kabupaten Seruyan,” ucap Waket I DPRD Seruyan.

Menurutnya, jika warga masyarakat yang ada sudah terlatih, perusahaan nantinya tidak perlu lagi kesana kemari mencari tenagakerja yang siap pakai, cukup rekrut mereka sebagai tenaga kerja.

“Hal ini sangat memungkinkan untuk mengatasi pengangguran di Kabupaten Seruyan, karena tidak menutup kemungkinan pihak perusahaan suatu saat pasti membutuhkan tambahan karyawan,” kata dia lagi.

Bambang juga menjelaskan bahwa, permintaan ini tidak luput dari aspirasi masyarakat sekitar yang selama ini banyak mengeluh terhadap PBS yang sebagian masih enggan merekrut tenaga kerja lokal sebagai karyawan perusahaan dengan berbagai macam alasan.

“Untuk itu saya meminta agar PBS bisa memberdayakan masyarakat setempat (atau pekerja lokal-red) tersebut agar dikemudian hari nanti tidak ada lagi perusahaan itu yang beralasan menolak masyarakat lokal itu karena atas pertimbangan kurangnya kualitas SDM,” pungkasnya.(tim)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait