Serapan Anggaran Harus Diperhatikan Sejak Awal Tahun

By kabarbor - June 12, 2024 |
Post View : 382
Views
IMG-20240701-WA0010

Puruk Cahu – Ketua DPRD Murung Raya (Mura), Dr. Doni, SP, M.Si menyampaikan, efisiensi dan kecepatan dalam serapan anggaran menjadi perhatian penting. Percepatan penyerapan anggaran terutama pada belanja modal agar hasil pembangunan dapat segera
dirasakan oleh masyarakat.

“Eksekutif harus memastikan bahwa anggaran digunakan secara tepat waktu, tepat sasaran, dan akuntabel untuk meningkatkan kualitas layanan publik dan pembangunan,”ujarnya, Rabu (12/6/2024).

Penyeraparan anggaran lanjutnya, harus benar-benar diperhatikan mulai awal tahun anggaran sehingga tidak tertumpuk di akhir tahun, yang berdampak pada penyerapan anggaran dan pengerjaan program yang tidak berkualitas oleh karena waktu yang mepet. Kondisi ini harusnya sudah bisa di antisipasi. Karena telah terjadi hampir disetiap tahun.

“Berkait dengan kekhawatiran pejabat daerah mempercepat pe¬nyerapan anggaran, karena khawatir menjadi ter¬sangka tindak pidana korupsi, keta¬kutan itu tidak beralasan jika mereka menggunakan anggaran mengikuti ketentuan,”tegasnya.

Menurutnya, Pejabat pemda juga perlu membangun kesepahaman dan menjalin komunikasi yang intens dengan kepolisian dan kejaksaan di daerah. Sehingga, ketika ada keraguan dalam penyerapan ang¬garan, bisa ditanyakan terlebih dahulu ke¬pada instansi-instansi terkait sehing¬ga tidak bermasalah di kemudian hari dan tidak ada ketakutan dalam menyerap anggaran.

“Begitu juga dengan proses lelang berbagai pembangunan agar bisa dilakukan lebih awal, sehingga ketika anggaran itu sudah di sahkan nantinya proyek pembangunan fisik sudah bisa mulai dilaksanakan,” tutupnya.(mur)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait