Serap Tenaga Kerja Lokal, Pemerintah Daerah Diminta Perhatikan Pemilik Usah UMKM

By kabarbor - June 9, 2023 |
Post View : 336
Views
IMG-20230610-WA0003

Sampit,- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Hj. Mariani meminta kepada pemerintah daerah setempat untuk mendorong pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan tujuan meningkatkan penyerapan tenaga kerja lokal di daerah ini.

“Kami melihat potensi besar dalam sektor UMKM untuk menciptakan lapangan kerja baru di daerah kita. Oleh karena itu, kami mendorong pemerintah daerah untuk memberikan perhatian lebih kepada UMKM dan mengambil langkah-langkah konkret dalam mendorong pertumbuhan dan pemberdayaan UMKM, sehingga mereka dapat secara aktif menyerap tenaga kerja lokal.” Kata Mariani yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi III DPRD Kotim ini, Jum’at 9 Juni 2023.

Menurutnya, saat ini terdapat banyak UMKM di daerah ini yang masih beroperasi dalam skala kecil dan belum memanfaatkan potensi penuhnya dalam menciptakan lapangan kerja. Oleh karena itu, pemerintah daerah perlu memberikan dukungan yang lebih besar, seperti pelatihan, pendampingan, dan akses ke pembiayaan yang terjangkau, guna meningkatkan kapasitas dan daya saing UMKM.

“Banyak pemilik UMKM di Kotim sangat berharap pemerintah daerah memberikan perhatian lebih kepada mereka pemilik usaha, dalam bentuk pelatihan dan akses ke pembiayaan yang akan membantu kami memperluas usaha dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja bagi masyarakat lokal. Sehingga dapat memberikan kontribusi nyata dalam pertumbuhan ekonomi daerah,” jelas Mariani.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini juga menambahkan pemerintah daerah diminta untuk menciptakan kebijakan yang ramah UMKM, termasuk pemangkasan birokrasi yang berbelit-belit dan penyederhanaan prosedur perizinan. Hal ini akan mendorong pertumbuhan UMKM dan memberikan dampak positif bagi penyerapan tenaga kerja lokal.(rrl).

 

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait