Seni Bela Diri Kuntau Di Kotim Harus Dilestarikan

By kabarbor - September 15, 2022 |
Post View : 270
Views
EBAAF757-4863-445E-9D13-52FD765EECBE

Sampit,- Wakil Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Dadang Siswanto SH meminta agar pemerintah daerah melalui instansi terkait terus mengembangkan hingga memberdayakan seni budaya dan kearifan lokal di daerah ini.

Dalam konteks ini menurutnya Dinas Pariwisata dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) harus benar-benar ambil andil dalam meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya para tokoh, pemuda dan juga kaum perempuan agar dapat berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan setiap nilai-nilai seni budaya daerah.

“Potensi itu ada,hanya memang mulai tergerus oleh perkembangan teknologi saat ini, untuk itu kita mendorong agar keterlibatan pemerintah daerah kita melalui dinas terkait selalu pelaksana teknis dapat benar-benar menunjukan kepada masyarakat bahwa mereka peduli terhadap kelestarian Senin dan budaya daerah ini,” ungkapnya, Kamis (15/9/2022) di Sampit.

Bahkan pria yang kini mulai aktif membina salah satu bidang seni yakni Seni Bela Diri Kuntau di Kotim itu berujar, dalam halnya pembinaan dan pemberdayaan, sudah semestinya harus ada upaya dalam melindungi seni itu sendiri agar tidak tergerus oleh waktu dan perkembangan zaman termasuk budaya luar.

“Silat tradisional kita yakni kuntau bisa dikembangkan di daerah kita ini, namun kalau dibiarkan mereka secara mandiri itu agak sulit, pemerintah daerah harus turun tangan dalam hal ini, banyak sekali potensi tentang budaya kita, seni dan juga lainnya yang berbentuk kearifan lokal yang hingga saat ini masih vakum,” timpalnya.

Ketua Fraksi PAN DPRD Kotim itu juga berharap agar Seni Bela Diri tradisional di Kalteng ini bisa masuk dalam IPSI sehingga mendapatkan tempat di kancah internasional kedepannya.

“Harapan kita dengan difasilitasi oleh pemerintah daerah kedepannya silat tradisional kita dapat bersaing hingga kancah internasional, jangan biarkan budaya dan seni lokal kita ini tenggelam termakan waktu,” tutupnya.(Fit)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait