Produk dan Budidaya Daerah Memiliki Potensi Untuk Dikembangkan

By kabarbor - December 6, 2022 |
Post View : 14
Views
IMG-20221206-WA0003

Muara Teweh – Anggota DPRD Barito Utara, Sunario menyebutkan jenis bidang usaha di daerah ini yang memiliki potensi untuk dikembangkan mulai dari produk makanan, budidaya ikan, budidaya peternakan dan budidaya perikanan, kerajinan rotan dan kerajinan lidi, pertanian dan perkebunan.
“Produk makanan yang diproduksi dari hasil pelaku UKM pada umumnya dengan memanfaatkan bahan baku yang dihasilkan dari hasil pertanian seperti pisang dan singkong yang mereka olah menjadi kripik pisang dan keripik singkong dengan menciptakan rasa yang bervariasi sesuai dengan kemampuan berinovasi para pelaku UKM,” kata Sunario, Selasa 6 Desember 2022.
Selain memanfaatkan bahan baku yang dihasilkan dari pertanian, para pelaku UKM juga memanfaatkan potensi alam dengan budidaya perikanan dan peternakan.
Di bidang perikanan, pada umumnya banyak pelaku UKM yang mengembangkan budidaya ikan keramba seperti ikan nila, ikan patin dan ikan jelawat.
“Mengingat wilayah Barito Utara merupakan daerah yang berada di sepanjang sungai Barito, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan potensi untuk budidaya ikan tersebut,” kata politisi PDIP ini.
Dari hasil budidaya ikan tersebut, jelasnya lagi, para pelaku UKM memanfaatkan bahan baku dari ikan untuk dijadikan makanan olahan seperti bakso, kerupuk ikan dan makanan lainnya. Ada juga olahan ikan yang diawetkan seperti ikan wadi atau samu.
Selain budidaya ikan, peternakan ayam petelur dan peternakan madu kelulut juga dikembangkan oleh pelaku UKM yang ada di daerah ini, mengingat usaha ini cukup memberikan keuntungan karena peternakan ayam petelur merupakan bagian dari kebutuhan pokok masyarakat di daerah ini.
Sedangkan peternakan madu kelulut merupakan madu yang lagi berkembang karena dipercaya khasiatnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh terlebih pada masa pandemi Covid-19, peternakan madu kelulut ini dikembangkan secara perorangan dan kelompok.(RDN)

Ket foto : Anggota DPRD Barito Utara, Sunario.

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait