Perusahaan Jangan Hanya Mencaplok Areal

By kabarbor - January 31, 2022 |
Post View : 464
Views
Meski ada aturan khusus yang membatasi IUP yang tidak bisa berproduksi sehingga sumber daya alam kita bisa cepat tereksplore dan berguna bagi masyarakat//sub

 MUARA TEWEH-Hingga

 

MUARA TEWEH-Hingga kini hampir semua wilayah yang ada di bumi Iya Mulik Bengkang Turan masuk dalam areal perusahaan sehingga dikhawatirkan kalau pemukiman pendudukpun termasuk dalam genggaman pengusaha.

Parahnya lagi di era kini banyak perusahaan terutama pemegang ijin usaha pertambangan yang mengantongi ijin namun tidak ada realisasi/produksinya, tutur legislator DPRD Barito Utara Hasrat.Sag

Ini tentu saja akan berpengaruh pada pemberdayaan sumber daya alam yang ada di kabupaten kita karena tidak bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat dibandingkan kalau produksi .

Menurut politisi dari Partai Amanat Nasional ini, dewan berharap agar kedepan ada aturan khusus batasan bagi pemegang IUP yang tidak bisa produksi agar jelas pemanfaatan sumber daya alam kita yang cukup besar ini.

“ yang kita lihat selama ini bahwa banyak jumlah perusahaan di Barut namun hanya sedikit yang beroperasi alias produksi sedangkan yang lainnya hanya memperpanjang ijin kalau ijin mereka sudah habis tanpa ada target khusus kapan akan bisa beroperasi,” ujar Hasrat.

Diungkapkannya, kalau dibiarkan terus menerus maka daerah kita tidak akan cepat maju karena sumber daya alam yang semestinya bisa diproduksi ternyata melempam karena pihak pengusaha bukannya berniat mengambilnya namun hanya menguasai sampai batas yang tidak diketahui.

Oleh karenay kedepan, dewan berharap pemerintah pusat lebih selektif lagi dan member sanksi yang tegas batas perijinan serta kapan batas harus bisa operasi.

Kita khawatir wilayah kita akhirnya hanya dijadikan bisnis dengan diperjualkan areal yang telah mereka ijinnya kepada investor yang lebih baik dan begitu mereka akan mendapatkan keuntungan sedangkan daerah hanya bisa gigit jari atas permainan nakal para pengusaha, katanya lagi..(RED)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait