Pemkab Seruyan Diminta Bantu Petani Gagal Tanam

By kabarbor - November 18, 2022 |
Post View : 221
Views
IMG-20221120-WA0000

KUALA PEMBUANG – Belum lama ini daerah Kabupaten Seruyan dilanda banjir. Bencana banjir ini juga berdampak terhadap sektor pertanian, dimana ada lahan pertanian masyarakat yang terendam banjir hingga menyebabkan petani gagal tanam.

Oleh sebab itu, Ketua Komisi A DPRD Seruyan, Bejo Riyanto meminta kepada pemerintah daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Seruyan untuk membantu masyarakat yang lahannya terdampak banjir. 

“Kami minta pemerintah daerah bisa membantu petani kita yang lahannya terdampak banjir. Karena banyak dari mereka yang terpaksa harus menunda masa tanam,” katanya, Jum’at (18/11/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan, disamping karena curah hujan yang tinggi, permasalahan ini juga terjadi karena sistem perairan pada sejumlah lahan pertanian masyarakat belum tertata dengan baik. “Sehingga pada saat musim hujan, airnya mengandung. Dan pada masa waktunya melakukan penanaman, terlebih petani kita inikan rata-rata pakai sistem tabur, sehingga pada saat lahan itu terlalu banyak airnya, mereka tidak bisa menanam,” ujarnya.

Maka dari itulah, dirinya berharap adanya tindaklanjut dari dinas terkait. Terlebih jika memang ada petani yang mengalami gagal tanam, agar bisa dibantu untuk pengadaan bibit.(Wan)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait