Pemkab Diminta Merumuskan Target Pencapaian Penanggulangan Kemiskinan

By kabarbor - July 23, 2022 |
Post View : 181
Views
IMG-20220901-WA0000

MUARA TEWEH –Anggota DPRD Barito Utara, Jamilah meminta Pemkab setempat merumuskan target pencapaian penanggulangan kemiskinan berdasarkan mekanisme perencanaan pembangunan.

Sebab kata dia, secara umum target pencapaian program penanggulangan kemiskinan dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi jumlah penduduk miskin.

Ia juga mengatakan bahwa dalam peraturan presiden nomor 15 tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan disebutkan bahwa penanggulangan kemiskinan adalah kebijakan/program pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Yang dilakukan secara sistematis dan terencana serta bersinergi dengan dunia usaha juga masyarakat untuk mengurangi jumlah penduduk miskin dalam rangka meningkatkan derajat kesejahteraan rakyat.

Legislator PKS ini juga mengharapkan, kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan agar dapat mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya perlu dilakukan secara terpadu dan terkoordinasi baik secara vertikal maupun horizontal.

“Tugas tim koordinasi penanggulangan yang telah terbentuk hendaknya perlu terus menerus melakukan penyempurnaan sesuai dengan kompleksitas permasalahan yang dihadapi dan diharapkan hasilnya dapat lebih optimal,” katanya.

Menurutnya, untuk menurunkan angka kemiskinan bukanlah pekerjaan mudah, namun perlu kerja keras dan komitmen penuh agar bersama-sama memacu pertumbuhan ekonomi, sehingga akan tercipta banyak lapangan kerja serta berkurangnya angka kemiskinan dan pengangguran.

“Dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil maka sumber daya pembangunan akan meningkat, pendapatan lebih banyak yang akan meningkatkan alokasi pendanaan untuk pendidikan, kesehatan, usaha kecil, mikro, menengah dan sebagainya untuk pelaksanaan kebijakan penanggulangan kemiskinan,” pungkasnya. (RDN)

 

 

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait