Pemeliharaan Aset Daerah, Dukung Peningkatan PAD, Ini Kata Waket II DPRD Murung Raya

By kabarbor - April 26, 2024 |
Post View : 401
Views
IMG-20240629-WA0058

Puruk Cahu – Inventarisir dan dikelolanya aset-aset sangtlah penting bagi suatu daerah.

Sebab dengan diinventarisir dan dikelolanya aset-aset dengan baik, maka diharapkan akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) seperti tanah dan toko/kios dan lain sebagainya.

Waket II DPRD Murung Raya (Mura), Rahmanto Muhidin meminta agar Pemkab dapat menjaga, mengamankan, dan memelihara aset lahan dan bangunan milik daerah, termasuk juga kenderaan atau mobil dinas.

“Menjaga, mengamankan dan memelihara aset daerah tersebut dengan menginventarisir terutama lahan dan bangunan yang masih dikuasai atau dipakai yang tak sesuai peruntukannya,” tegas Waket II DPRD Rahmanto Muhidin, Jumat (26/4/2024).

Legislator PKB Mura ini mencontohkan seperti rumah dinas yang masih dipakai PNS yang sudah pensiun maupun lahan-lahan yang digunakan masyarakat.

“Kalau lahan dan bangunan tersebut sudah diinventarisir segera dibuatkan surat menyuratnya seperti sertifikat, sehingga ada legalitasnya,” imbuhnya.

Menurut legislator PKB ini, hal itu dilakukan supaya bisa diketahui dan ada kejelasan terkait batas lahan antara milik pemerintah daerah dengan masyarakat. Termasuk, tambahnya, dengan kendaraan dinas harus diinventarisir dan dalam penggunaanya harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Apabila ada kendaraan atau barang-barang yang tidak layak pakai segera dilakukan koordinasi ke bagian pelelangan kekayaan negara untuk dilelang guna menambah pendapatan bagi daerah,” tutupnya.(mur)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait