Panen Padi di Seruyan Bisa Memenuhi Kebutuhan Pasar Lokal

By kabarbor - February 28, 2023 |
Post View : 370
Views
IMG-20230414-WA0027

 Kuala Pembuang – Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Bejo Riyanto berharap sektor pertanian di wilayah Seruyan dapat terus meningkat dari tahun ketahun.

“Kami akan selalu memberi dukungan kepada para petani khususnya di Dapil I agar lebih semangat lagi dalam meningkatkan hasil produksi padi,” kata Bejo Riyanto di Kuala Pembuang.

Dirinya melihat potensi pertanian di Dapil I ini (Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur) itu cukup bagus dan memberikan prospek yang baik untuk kedepannya, “Oleh karena itu saya harap petani lebih semangat lagi dalam meningkatkan hasil produksinya,” kata Bejo lagi.

Bejo juga mengatakan, dari segi lahan di Dapil I cukup banyak, selain itu juga dari tingkat kesuburan tanah juga cukup baik, tinggal hanya kemauan masyarakat atau para petani untuk mengelola lahan tersebut sebagai ladang padi.

“Jika petani lebih giat lagi, dua kecamatan di Dapil I ini akan menjadi penghasil atau lumbung terbesar di Bumi Gawi Hatantiring,” tambahnya.

Bejo Riyanto juga menyampaikan, dengan meningkatnya hasil panen padi di Dapil I tersebut diharapkan mampu mewujudkan Kabupaten Seruyan sebagai swasembada pangan sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar lokal.

“Saat ini beras yang ada di Kabupaten Seruyan masih dipasok dari luar daerah, sehingga ini menjadi peluang juga bagi petani untuk lebih giat lagi dalam meningkatkan hasil panen padi mereka,” kata dia.

Untuk mewujudkan itu semua kata Bejo Riyanto diharapkan kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk ikut andil dalam memacu gairah para petani di Dapil I tersebut.

“Misalnya dengan memberikan pelatihan serta memberikan dukungan sarana prasarana operasional pertanian seperti penyaluran alat mesin pertanian, pupuk, bibit dan sebagainya,” kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Seruyan ini.

Dikatakanya lagi, perhatian Pemkab Seruyan juga sangat penting untuk memacu semangat para petani di Dapil I.

Untuk itu dirinya berharap kepada Pemkab melalui dinas terkait juga proaktif mengembangkan sektor pertanian masyarakat. “Dalam hal ini dapat memberikan bantuan sarana prasarana penunjang bagi para petani di Dapil I,” pungkasnya.(tim)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait