Legislator Ini Minta Pengelolaan Keuangan Desa Harus Terapkan Budaya Transparansi

By kabarbor - May 31, 2024 |
Post View : 412
Views
IMG-20240630-WA0071

Puruk Cahu – Sekretaris Komisi I DPRD Murung Raya (Mura), H. Mariyanto meminta kepada seluruh pemerintah desa (pemdes) yang ada di Kabupaten Murung Raya agar bisa terus meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan desa.

Politisi PPP ini mengungkapkan, salah satu hal yang sangat penting dalam proses pengelolaan keuangan desa adalah budaya transparansi kepada seluruh lapisan masyarakat di desanya masing-masing.
“Karena masyarakat itu berhak tahu tentang pengelolaan keuangan desa. Apa-apa saja yang dikerjakan oleh pemdes, dan ke mana saja anggaran yang selama ini dikelola,” katanya, Jumat (31/5/2024).

Dengan demikian, maka masyarakat dapat terlibat dalam upaya pengawasan dan pencegahan penyelewengan anggaran desa. “Karena masyarakat itu memang harus dilibatkan untuk mengawasi pengelolaan keuangan desa,” ujarnya.

Dengan hal itu, diharapkan pengelolaan keuangan desa bisa menjadi lebih baik serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu, program-program pembangunan di desa juga diharapkan menjadi lebih terarah serta berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat di desa masing-masing.

“Artinya, ini bisa menjadi benteng atau kontrol bagi para pengelola keuangan di desa. Maka dari itulah, transparansi ini sangat penting sekali. Silahkan libatkan masyarakat dapam proses perencanaan program dan lain sebagainya,” pungkasnya.(mur)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait