Legislator Ini Ajak Wujudkan Perilaku Masyarakat Sadar Hukum

By kabarbor - June 5, 2024 |
Post View : 360
Views
IMG-20240630-WA0019

Puruk Cahu – Anggota DPRD Murung Raya, Rumiadi mengajak masyarakat menanamkan kesadaran hukum, sehingga akan terwujud perilaku dalam kehidupan bermasyarakat yang sesuai aturan yang berlaku.

“Kesadaran hukum itu juga merupakan salah satu upaya menciptakan kehidupan yang selalu damai, tenang, dan tidak ada yang tersangkut masalah hukum,” kata Rumiadi, Rabu (5/6/2024).

Dia mengakui, biasanya seseorang yang tersangkut permasalahan hukum karena hal sepele. Salah satu contoh yakni melakukan ujaran kebencian di media sosial.

“Hanya karena melakukan ujaran kebencian, ada yang tersangkut masalah hukum. Ini yang harus dijadikan pelajaran bersama, agar kedepan hati-hati dalam melakukan aktivitas di medsos,” terangnya.

Rumiadi yang juga Ketua Bapemperda DPRD Mura ini mengatakan, belajar dari hal itu, pemerintah bersama pihak terkait lainnya harus melakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran hukum kepada masyarakat di daerah ini.

“Kami berharap masyarakat mengetahui berbagai aturan yang berlaku, dan dengan penuh kesadaran mentaati berbagai hukum, sehingga tidak ada yang tersangkut masalah hukum,” jelasnya.

Sejauh ini, Pemkab Mura bersama pihak terkait berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hukum. Salah satunya yakni melalui lomba kadarkum yang secara rutin dilakukan setiap tahun dan diikuti para pelajar.

“Melalui lomba itu, kami berharap kesadaran hukum kalangan pelajar semakin meningkat. Mereka dapat menjadi agen perubahan dan berbagi pengetahuan tentang hukum kepada keluarga, teman di sekolah serta masyarakat sekitar,” pungkasnya.(mur)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait