Legislator Dorong Optimalkan Potensi Pendapatan Asli Daerah di Sektor Pasar

By kabarbor - June 12, 2023 |
Post View : 253
Views
IMG-20230616-WA0010

Sampit,- Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Hj. Darmawati mendorong pemerintah kabupaten mengoptimalkan pengelolaan pasar karena berpotensi meningkatkan pendapatan asli daerah.

“Harus dilakukan inventarisasi aset, pasar perizinannya dan pengawas operasionalnya. Kalau dikelola dengan baik dan tertib, ini besar potensinya menambah PAD (pendapatan asli daerah) kita,” kata Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur Darmawati, 12 Juni 2023.

Menurut Darmawati, pengelolaan pasar dinilai merupakan salah satu sektor yang bisa dioptimalkan kontribusinya untuk meningkatkan PAD Kotawaringin Timur. Banyak aktivitas di pasar yang bisa digali untuk menyumbang PAD, seperti retribusi, pajak parkir dan lainnya.

Peran itu bisa diberikan kepada Perusahaan Daerah (Perusda) yang telah dimiliki Pemda, sehingga dalam pengelolaan pasar kedepan bisa lebih baik lagi.

Darmawati yang juga Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Kotawaringin Timur ini berharap perusahaan daerah nantinya diharapkan memiliki peranan penting dalam mengoptimalkan optimalisasi PAD dari sektor pasar.

Menurutnya, peluang tersebut sangat terbuka. Namun komitmen pemerintah kabupaten, khususnya melalui Perusda Pasar nantinya juga dibutuhkan dalam bekerja keras mencapai target-target yang dibuat.

Langkah ini bisa dimulai dengan mendata potensi-potensi yang ada. Darmawati juga sepakat pasar dadakan dibuka untuk mendorong pemulihan ekonomi masyarakat.(rrl).

 

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait