Komisi I Sambut Baik Wacana Gubernur Audit Seluruh PBS

By kabarbor - August 8, 2022 |
Post View : 223
Views
IMG-20221102-WA0031

SAMPIT – Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Rimbun ST menyambut baik wacana Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H.Sugianto Sabran yang akan melakukan audit terhadap seluruh perusahaan besar swasta (PBS) perkebunan kelapa sawit di Kalteng tersebut.

Menurutnya, langkah ataupun kebijakan yang diambil oleh orang nomor satu di Kalimantan Tengah itu merupakan hal yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh warga masyarakat di daerah ini. Menanggapi rencana itu dia juga menilai memang perlu dilakukan untuk mengatasi berbagai konflik hingga carut marut pelaksanaan investasi di daerah yang selama ini terjadi.

“Kami mendukung sekali langkah Gubernur kita, bagaimana pun kita lihat bersama selama ini yang kerap memunculkan persoalan sosial antara masyarakat dengan pihak perusahaan adalah urusan tanah atau lahan, ini yang selalu menjadi polemik hingga saat ini. Harapan kita hal itu segera terlaksana dan membuahkan hasil yang menguntungkan bagi masyarakat kita,” ungkap Rimbun Senin (08/08/2022).

Legislator Senior PDI Perjuangan ini juga menekankan,penataan investasi di daerah ini bisa dilakukan melalui program audit perizinan yang sudah dilakukan oleh pihak pemerintah sebelumnya. Sehingga menurutnya pemerintahan saat ini bisa melanjutkan, dan menginvestasikan apa yang sudah menjadi temuan maupun hasil kajian secara teknis dilapangan.

“Bicara PBS tentunya yang beroperasi di daerah ini terkesan tidak peduli dengan masyarakat sekitar kebun juga selalu terjadi konflik dengan mereka, terutama perihal kebijakan plasma yang mewajibkan PBS memberikan sebesar 20 persen yang pada kenyataannya tidak bisa direalisasikan,” timpalnya.

Terakhir Rimbun juga berharap agar pemerintah daerah dalam hal ini pemerintah tingkat Kabupaten harus benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya, mengingat pemerintah Provinsi sudah ada wacana untuk mengagendakan audit tersebut.

“Supaya dalam hal ini pemerintah tingkat Kabupaten lebih siap dan pokus dan juga yang tidak kalah pentingnya adalah menindaklanjuti apa yang nantinya sudah menjadi keputusan Gubernur kita,” tutupnya.(ft)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait