Ketua Dewan Minta Program Pembangunan Harus Dirasakan Penyandang Disibilitas

By kabarbor - April 18, 2023 |
Post View : 308
Views
IMG-20230617-WA0034

SAMPIT – Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Dra. Rinie Aria Gagah menekankan dalam setiap program pembangunan, terutama menyangkut fasilitas publik di daerah ini, harus benar-benar berpihak dan ramah terhadap penyandang disabilitas yang notabene ada kekurangan secara fisik.

“Kami kira pembangunan fasilitas publik yang dibiayai oleh APBN maupun APBD ini juga memperhatikan berbagai aspek dan kepentingan umum, termasuk mengakomodir kebutuhan penyandang disabilitas yang kita ketahui mengalami kekurangan secara fisik, mereka juga memiliki hak untuk menikmati dan menggunakan fasilitas yang ada,” ungkapnya Selasa 18 April 2023.

Disisi lain Legislator PDI- Perjuangan ini juga menjelaskan, penyandang disabilitas adalah orang yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual, atau sensorik dalam jangka waktu yang lama.

“Sehingga, oleh sebab itu menurut kami orang -orang penyandang cacat secara fisik ini membutuhkan fasilitas yang berbeda dengan masyarakat normal umum lainnya,” timpalnya.

Untuk diketahui penyandang disabilitas sendiri memiliki kebutuhan khusus yang beragam diantaranya disabilitas fisik, mental, dan gabungan antara keduanya. Dalam hal ini dibutuhkan dukungan fasilitas khusus bagi mereka agar bisa beraktivitas seperti manusia pada umumnya dalam urusan administrasi diperkantoran maupun lainnya.

“Penyandang disabilitas memerlukan kemudahan dalam mengakses layanan umum seperti pendidikan, pekerjaan, kesehatan, sarana transportasi umum, dan lain sebagainya,” tutupnya.

(rrl)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait