Kades Diminta Maksimalkan Anggaran Akomidir Usulan Prioritas Warganya

By kabarbor - November 15, 2022 |
Post View : 220
Views
IMG-20221117-WA0037

KUALA PEMBUANG – Para Kepala Desa diminta harus memaksimalkan anggaran yang ada untuk mengakomodir aspirasi prioritas warganya. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi C DPRD Seruyan, Masfuatun belum lama ini.
Masfuatun mengatakan, desa mempunyai anggaran desa masing-masing yang harus dimaksimalkan, disamping adanya bantuan dari pemerintah daerah melalui anggaran daerah yang ada. Jika ada sebuah program pembangunan prioritas maupun pembangunan lainnya yang masih memungkinkan untuk dikerjakan dengan Dana Desa (DD) maupun Anggaran Dana Desa (ADD) maka hendaknya dikerjakan.
“Maksud saya seperti ini, jika ada kebutuhan program di desa yang masih bisa dikerjakan dengan anggaran desa, maka kerjakan saja menggunakan anggaran desa tersebut, disamping menunggu realisasi dari pemerintah daerah,” katanya.
Ia menjelaskan, hal ini menyusul dengan adanya keterbatasan anggaran daerah yang mana anggaran tersebut juga harus dimaksimalkan untuk 100 desa/kelurahan yang ada di wilayah Kabupaten Seruyan. Dengan demikian disetiap desa memungkinkan hanya mendapatkan beberapa program saja dan sisanya kades harus memaksimalkan anggaran yang ada untuk memajukan desanya.
“Daerah juga ada keterbatasan anggaran karena harus dibagi-bagi juga, sehingga harus pinta-pintar pihak desa mana program yang memang prioritas dan bisa dikerjakan dengan anggaran desa, jadi nanti tinggal rembuk saja antara kades, BPD serta warganya yang ada di desa masing-masing untuk menyepakati program tersebut,” ungkapnya.(Wan)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait