DPRD Mura Ini Minta Pemerintah Optimalkan Program Penentasan Kemiskinan

By kabarbor - June 7, 2024 |
Post View : 375
Views
IMG-20240630-WA0048

Puruk Cahu – Anggota Komisi II DPRD Murung Raya (Mura), Liangsoi minta pemerintah setempat untuk mengoptimalkan program-program yang berkaitan dengan pengentasan kemiskinan di wilayah ini. Hal ini mengingat di Murung Raya berada di 3 besar terbanyak masyarakat miskin di Kalteng dengan presentase 6, 44 persen berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

“Salah satu hal yang harus diperhatikan terkait program tersebut, yakni berkaitan dengan keakuratan data jumlah masyarakat yang dikategorikan tidak mampu,”ujarnya, Jumat (7/6/2024).

Menurut Liangsoi data ini yang pasti berkaitan dengan bantuan-bantuan sosial yang akan disalurkan oleh pemerintah, baik yang bersumber dari anggaran daerah ataupun anggaran pusat.

“Dinas teknis bisa berkoordinasi menemui dan melakukan komunikasi melakukan pendataan bagi masyarakat tidak mampu bersama ketua RT dan RW setempat. Selain itu, pemerintah juga harus mengatahui akar masalah terjadinya kemiskinan atau adanya masyarakat kurang mampu,”tegasnya.

Legislator PAN Mura ini mengatakan banyak faktor penyebab munculnya masalah tersebut, mulai dari pendidikan, malas untuk berkerja, terbatasnya lapangan pekerjaan, keterbatasan modal dan menanggung beban keluarga.

Maka dari itu, selain memaksimalkan program bantuan sosial, pemerintah bisa melakukan upaya dengan membuka lapangan pekerjaan, menggerakan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), meningkatkan program zakat, hingga menjaga kestabilan harga kebutuhan bahan pokok.

“Kemudian, program beasiswa pendidikan bagi siswa kurang mampu, memberikan layanan rujukan kesehatan gratis, dan sudah adanya balai latihan kerja diharapkan dapat dimaksimalkan fungsinya,”ujarnya.(mur)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait